30 Juni 2009

Rasakan Suspensinya

Corolla Altls 2.0V Generasi kesepuluh dengan mesin yang iebih besar dan beberapa fitur tambahan.

MESKI TOYOTA menguasai lebih dari 35% pasar sedan di Indonesia, toh, sedan bukan lagi mobil yang paling dicari kebanyakan konsumen. Dalam beberapa tahun belakangan, pasar sedan menurun. Di pihak lain, MPV dan SUV dengan banderol ekonomis dan bisa memuat lebih banyak penumpang, telah menjadi pilihan utama.

Tetapi, Toyota tetap optimis karena memiliki sedan termahsyur, Corolla. Inilah salah satu mobil terlaris di dunia yang populasinya melebihi Volkswagen Beetle. Dari sebuah konsep sederhana 'A Car for Everyone Everywhere', kini dalam kurun waktu Iebih dari empat dekade, Corolla membukukan rekor penjualan Iebih dari 32 juta unit di seluruh dunia. Fantastis.

Dan dipastikan angka itu belum akan berhenti. Karena kami memiliki Corolla Altis beramunisi mesin baru 3 ZR-FE, 2.000 cc, dual VVT-i, yang Iebih berotot dari mesin 1ZZ-FE, 1.800 cc, VVT-i, yang masih dipasarkan. Dapur pacu baru ini melambungkan tenaga sebanyak 9 hp dan torsi 21 Nm dari model yang telah ada. Konsumsi bahan bakar mesin baru cukup ekonomis, tercatat 10,4 kpl (kombinasi).

Kita juga mendapatkan fitur-fitur tambahan berupa paddle-shift, grille berbingkai chrome, 3-spoke steering wheel, serta jok kulit Paddle-shift? Betul, tapi entahlah berapa banyak pemilik mobil yang gandrung memainkan paddle-shift selama ini. Toyota juga menyediakan paket aero kits dan sistem navigasi. JikaAnda menginginkan aero kits (spoiler bumper depan dan belakang, side visor, side skirt), siapkan dana sekitar Rp 8 juta. Tersedia pula rear spoiler (Rp 1,5 juta) dan side visor (Rp 630 ribu) jika Anda tak puas dengan penampilan Corolla yang kami uji.

Opsional lainnya adalah sistem navigasi satelit seharga Rp 8 jutaan di mana telah terintegrasi dengan perangkat audio. Petanya cukup lengkap meliputi Jawa, Bali, dan Sumatera, plus 95 ribuan points of interest Namun, di tengah perjalanan beberapa kali kami menemukankesalahan: nama/kode pos jalan atau daerah, serta pengulangan komando meski kami telah meninggalkan lokasi yang dimaksud beberapa ratus meter.

Generasi kesepuluh Corolla tampil semakin dewasa. Mungkin karena semakin dewasa, desain eksteriornya terkesan tidak rumit, dan bahkan itu berlanjut ke interior, tidak seperti kompetitor terdekatnya, Honda Civic, yang Iebih fiituristik Bagi merekayang mencintai ketidakrumitan, it's ok. Bagi mereka yang tidak suka, mari kita tunggu model yang Iebih menggairahkan.

Kabin dapat memuat 4-5 penumpang dengan baik (Iebih baik jika 4 penumpang). Kaki-kaki penumpang mendapat ruang yang cukup untukbersantai. Sayangnya, kami tidak menemukan ventilasi AC untuk penumpang belakang dan electric seat penumpang depan. Seharusnya dua item itu tersedia.

Dengan suspensi lembut, Corolla siap memanjakan Anda di jalan bebas hambatan dan di tengah kota. Permukaan jalan yang rusak atau tutup lubang, tidak akan membuat takut Corolla, meski beberapa kedalaman dan tonjolan sempat sedikit mengubah karakter peredaman. Secara keseluruhan, pengendaraan Corolla memuaskan. Steering-nya cukup padat. Saat menikung tajam pada kecepatan menengah, secara mengejutkan, minus body roll.

Corolla 2.0V ditawarkan hanya dengan satu pilihan transmisi, otomatis 4-speed. Perpindahan gear-nya terasa lembut Saat menggunakan paddle-shift perpindah-annya instan, sementara ada beberapa mobil lain ber-paddle-shift yang tidak demikian.

Corolla 2.0V memiliki jumlah airbag yang sama dengan dua tipe di bawahnya, yakni dua airbag di depan. Rem pun masih sama, dilengkapi ABS, EBD plus BA.

Terlepas dari beberapa keunggulan dan kritikan, Corolla tetaplah Corolla. Saloon yang memiliki citra tinggi sehingga resale value-nya kuat Mobil yang akan terus melenggang...

KEUNGGULAN
- Performa lebih kuat
- Pengendaraan lembut
- Tidak boros
- Resale value kuat

KEKURANGAN
- Sistem navigasi belum sempurna
- Tidak ada ventilasi AC belakang
- Minus jok elektrik untuk penumpang depan
- Desain kurang menggairahkan

Sumber : AutoCar, Jumat, 12 Juni 2009

Baca Selengkapnya ...

Teknologi Kekuatan Otak Gerakkan Kursi Roda

Siapa sangka di masa depan kita dapat menggunakan pikiran atau otak kita untuk menggerakkan alat-alat transportasi dan berbagai jenis perangkat lainnya.

Hal ini dapat mungkin terjadi, kali ini Toyota telah membuat lompatan jauh kedepan dalam pengembangan teknologi kontrol. Toyota berhasil mengembangkan cara mengendalikan kursi roda dengan gelombang otak.

Penggunanya tidak perlu menggerakkan satu ototpun atau meneriakkan perintah. Sistem menggerakkan benda dengan menggunakan gelombang otak ini di sebut Brain Machine Interface (BMI).


Kelebihan sistem yang dikembangkan Toyota kali ini merupakan sistem yang tercepat di dunia dalam hal menganalisa gelombang otak. Sistem yang ada selama ini butuh waktu beberapa detik untuk membaca dan menganalisa gelombang otak. Teknologi Toyota hanya membutuhkan 125 milidetik. 1 mili detik sama dengan seperseribu detik. Artinya dengan kecepatan seperti itu, pengguna tidak merasakan delay antara yang diinginkan dengan respon kursi roda.

Pengguna kursi roda menggunakan tutup kepala yang dilengkapi elektroda untuk membaca gelombang otak yang diteruskan ke brain scan electroencephalograph atau EEG, yang diterjemahkan menjadi gerakan oleh kursi roda listrik.

Sistem ini memungkinkan penggunanya bergerak ke kiri atau kekanan dan maju nyaris seketika. Namun untuk berhenti, tidak bisa sekedar memikirkannya. Pengguna harus menggelembungkan pipinya yang akan diterjemahkan detektor yang ada di wajahnya sebagai tanda berhenti. Rencananya Toyota belum akan memproduksi secara massal, karena masih akan terus dikembangkan agar menjadi lebih sempurna.

Baca Selengkapnya ...

24 Juni 2009

Head Up Display & Steering Switches Touch Tracer

Anda tentu ingat dengan Toyota Vios dan Yaris yang mempunyai dashboard di tengah. Tentunya pembuatan dashboard di tengah ini bukan tidak ada maksudnya, salah satu keunggulan dashboard di tengah ini adalah memudahkan pengemudi untuk melihat instrumen dan indikator pada mobil. Dengan kemudahan tersebut tentu saja dapat membuat pengemudi lebih berkonsentrasi di jalan.

Hal ini tidak membuat Toyota berhenti berinovasi, kembali Toyota menawarkan kemudahan baru yaitu dengan teknologi terbarunya Head Up Display (HUD) dan Steering Switches Touch Tracer pada Toyota Prius generasi ketiga.

Head Up Display (HUD) ini memungkinkan pengemudi Prius untuk mengetahui informasi kecepatan kendaraan tanpa sama sekali merubah arah maupun jarak pandangnya, tidak seperti speedometer konvensional dimana pengemudi harus melihat ke bawah dashboard sehingga dapat mengganggu konsentrasi mengemudi.

Head Up Display (HUD) menampilkan data-data mengenai kecepatan dan sejauh mana prius di kendarai secara ekonomis. Untuk prius yang sudah di lengkapi navigasi satelit atau GPS, maka arah penunjuk jalannya juga dapat di tampilkan di HUD ini. HUD dapat juga di atur tingkat pencahayaannya, lebarnya dan dimatikan.

Sedangkan Steering Switches Touch Tracer dapat membuat pengemudi prius tidak perlu melihat ke setir untuk mengetahui tombol Steering Switches yang sedang disentuh sebelum menekannya.

Cara kerja Steering Switches Touch Tracer ini adalah bila pengemudi menyentuh salah satu tombol di steering switch, maka lampu display akan berwarna kuning, yang menandakan tombol tersebutlah yang pengemudi sentuh sehingga pengemudi tidak perlu melihat ke stir lagi dan dapat melihat langsung ke display multi guna yang letaknya di tengah dashboard.

©Rini

Baca Selengkapnya ...

Video Komersial Toyota Prius


Toyota mengeluarkan video komersial untuk produk ramah lingkungannya Toyota Prius generasi ketiga. Ada tiga video komersialnya untuk versi amerika yaitu harmony, mpg dan solar. Sedangkan di jepang sendiri juga video komersial prius di luncurkan dengan tokoh super hero superman. Video mana yang anda suka?




Baca Selengkapnya ...

21 Juni 2009

Varian Baru Toyota Alphard: Varian Murah MPV Mewah

Setelah menangguk sukses dari rilis resmi sejak tahun silam nampaknya PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal meneruskan dominasinya di segmen MPV premium. Puluhan unit yang terjual dari kloter pertama membuat PT TAM makin agresif melengkapi line up-nya tahun ini.

Ya, informasi yang kami terima menyebutkan bahwa PT TAM mencanangkan untuk bisa melepas hampir 200 unit Alphard buat tahun 2009. Biar lebih solid pencapaiannya maka varian baru itu tengah intensif digodok. Namun uniknya yang sedang dipersiapkan adalah varian 'murah'. "Rencananya akan kami rilis di kuartal ketiga tahun ini," aku Achmad Rizal selaku marketing communication manager PT TAM. Disebutkan juga kalau varian baru itu akan bermesin 2.4 liter atau 2.400 cc.

OTOMOTIF secara kebetulan menjumpai 'unit trial' Alphard varian ekonomis itu. Sepintas memang tak ada beda dari varian 3.5 liter. Hanya saja unsur kemewahan kabin sudah dikorting. Sebut saja pelapis jok dan panel pintu berbahan kain. Sandaran tangan pada panel pintu tengah juga sudah tidak ada.

Jok baris kedua tidak lagi captain seat, kali ini untuk tiga penumpang. MPV sepanjang 4.850 mm ini bakal berspek 8 seater. Lalu center fascia-nya berdetail lebih simpel. Tak beda karakternya dari yang bisa kita lihat pada Camry versi 2.4 liter. Bemper depan juga lebih sederhana detailnya meski masih ada fog lamp.

Rizal menyebut bahwa belum ada ancar-ancar harga buat Alphard 'murah' itu. Namun rasanya akan ada pada rentang harga Rp 850-900 jutaan. Mengingat di gerai ID, Alphard varian 'murah' berbanderol harga Rp 700 jutaan. Harga versi 3.5 liter rilisan PT TAM sendiri berharga Rp 1,1 miliar.

JAGOAN IU DAN ATPM
Sejak diluncurkan perdana tahun 2003 dan masuk ke Indonesia setahun kemudian yang namanya Toyota Alphard tetap jadi incaran peminat kendaraan yang nyaman sekaligus berdaya angkut besar. Tommy R. Dwiananda ketua AIKI (Asosiasi Importir kendaraan Bermotor Indonesia) menyebut kalau untuk semester pertama tahun ini saja menurut perkiraannya telah terjual lebih dari 500 unit Alphard versi terbaru.

Menurut data Gaikindo per Desember tahun 2008 pihak PT Toyota Astra Motor telah melepas 54 unit Alphard. Di tangan ATPM Toyota ini harga versi full spec yang disodorkan Rp 1,1 miliar. Sementara pihak IU (importir umum) melego versi G pada angka Rp 860 juta. Kedua pihak sama-sama sukses menangguk penjualan.

Ditengarai pihak PT TAM memang sengaja melansir varian termahal lebih dulu. Tak lain agar pasar buat Alphard lewat jalur ATPM memang terbentuk image mewahnya dengan kuat. Jika demand memang terus menguat maka segera dijadwalkan untuk merilis varian yang lebih rendah. Dengan begitu daya serap pasar tetap terjaga.

Jelas bukan tanpa alasan kalau itu dilakukan. Karena dipasar mobil bekas sendiri, Alphard 'hanya' mengalami depresiasi harga Rp 10-20 juta buat masa pakai 2 tahun.

Sumber : Tabloid Otomotif, Kamis, 11 Juni 2009

Baca Selengkapnya ...

18 Juni 2009

Toyota Vios TRD Sportivo

Toyota Malaysia mengeluarkan Toyota Vios versi TRD Sportivo untuk menggantikan varian tertinggi Toyota vios Type S. Bodi kit yang baru, 15" vleg Enkei baru di balut dengan Bridgestone Potenza , door visor, desain trim interior baru dan penambahan opsional paket suspensi sport baru menghiasi vios terbaru ini.

Bodi kit Toyota Vios TRD Sportivo yang meliputi front and rear lips, and side skirts,ini menggunakan bahan polyurethane (PU), kecuali bagian bootlid spoilernya yang menggunakan bahan plastik ABS.

Jika ingin penampilan tambah sporty, Toyota juga menyediakan suspensi sport yang bisa di beli terpisah. Di jamin dapat membuat vios ini tambah lengket di aspal. Disamping itu tinggi dari tanahnya juga turun sekitar 10mm.

Interior vios TRD ini menggunakan dua warna merah dan hitam pada bangku dan panel pintunya. Selain itu juga di tambahkan karpet TRD Sportivo, knop transmisi berlapis kulit, karbon look dashboard dan stainless steel cruff plates yang turut membantu kesan vios sporty ini.

Di malaysia sedan bertransmisi otomatis ini mempunyai 6 pilihan warna yaitu Silver Metallic, Coal Black, White, Grey Mica, Bronze Metallic, medium silver dan dihargai sekitar RM 90,900.

Baca Selengkapnya ...

16 Juni 2009

Penting! Perhatian Khusus Untuk Mesin Innova Diesel

Pada Kijang Innova, turbocharger hanya digunakan pada mesin diesel. Tugas turbo, menyedot udara dengan paksa ke dalam mesin. Dengan cara ini pula, efisiensi kerja mesin jadi lebih baik dibandingkan bila hanya mengandalkan pemasukkan secara alamiah. Mesin tak hanya lebih irit, juga makin responsif.

Meski begitu, turbocharger juga memerlukan perhatian khusus. Mulai dari jadwal pergantian oli dan fiternya, filter udara yang teratur sampai cara mematikan mesin.
Stasioner Sebentar. Pada mesin yang dilengkap turbo, setelah bekerja keras dalam waktu lama atau dikebut habis, mesin tidak boleh langsung dimatikan. Kalau hal tersebut sering dilakukan, bagian yang rusak pertama adalah turbocharger. Harga komponen ini cukup mahal! Belum lagi ongkos pasangnya!

Cara terbaik mencegah turbo jebol adalah dengan mematikan mesin sesuai dengan kondisi operasionalnya. Untuk Kijang Innova diesel, rekomendasi Toyota untuk mematikan mesin adalah sebagai berikut.

Kondisi
Kecepatan
Waktu
Normal & Dalam kota

Tidak perlu
Kecepatan tinggi terus menerus
Di bawah 80 km/jam
20 detik
Di bawah 100 km/jam
1 menit
Menanjak di pergunungan
Di atas 100 km/jam
2 menit
Pertanyaan yang bisa muncul, mengapa mesin turbo diesel harus mendapatkan perlakukan khusus? Jawabannya, karena turbo bekerja pada putaran lebih tinggi, lebih tinggi dari mesin. Kalau mesin diesel putaran maksimalnya 5.000 rpm, turbo berkisar 60.000 rpm bahkan sampai 100.000 rpm. Pada putaran tinggi tersebut, turbo memerlukan pelumasan yang lebih baik dibandingkan saat langsam.

Dan yang pasti, kalau mesin tiba-tiba atau mesin langsung dimatikan, bantalan atau bearing turbo tidak akan memperoleh pelumasan. Pasalnya, mesin mati, pompa oli istirahat. Turbo tidak lagi mendapatkan pasokan oli. Nah, bisa dibayang, ketika turbo masih bekerja pada putaran tinggi, mesin mati, pasokan oli terhenti. Karena keseringan, turbo akhirnya jebol.

Buat mesin dengan turbo, tak hanya cara mematikan yang perlu diperhatikan, jadwal pergantian oli dan kualitasnya juga mesti mengikut aturan yang telah ditentukan.
Ganti Oli. Menurut Toyota, untuk kondisi jalan berdebu, khusus untuk mesin diesel Innova oli sudah harus diganti setiap 2.500 km atau 3 bulan. Padahal normalnya setiap 5.000 km atau 6 bulan. Hal yang sama juga berlaku buat filter oli, diganti setiap 5.000 km atau 6 bulan.

Untuk mencegah mesin langsung dimatikan, ada produsen menambahkan timer. Dengan alat ini, kendati kunci kontak sudah coba atu “OFF”, mesin akan tetap hidup beberapa saat.

Tak kalah penting, untuk mesin turbo yang digunakan di daerah berdebu, misalnya pertambangan, pemeriksaan dan pergantian saringan dipercepat. Pemeriksaan dan pembersihan dilakukan setiap 2.500 km atau 3 bulan. Malah, kalau debunya banyak sekali, langkah terbaik adalah menyediakan filter udara cadangan. Jadi tak ribet membersihkannnya ke bengkel!

Sumber : Kompas

Baca Selengkapnya ...

15 Juni 2009

Toyota Persiapkan Forklift Hybrid

Toyota tidak hanya peduli dengan membuat mobil-mobil penumpang berteknologi hybrid yang hemat BBM dan lebih ramah lingkungan. Pabrikan otomotif terbesar di dunia itu juga bersiap-siap untuk meluncurkan kendaraan keperluan bisnis yang juga memakai teknologi hybrid, yakni forklift.

Dijamin forklift hybrid pertama Toyota ini akan mengalahkan kendaraan sejenis, yang rata-rata lebih banyak memakai mesin diesel. Betapa tidak, forklift hybrid Toyota tidak hanya lebih hemat BBM, tetapi juga tidak berisik. Bahkan Toyota menjamin performa dan kemampuannya mengangkat beban sebanding dengan forklift yang lain.

Geneo-Hybrid, begitulah nama yang diberikan Toyota untuk forklift terbarunya. Memakai mesin diesel 2.500 cc dengan tambahan teknologi hybrid yang memakai baterai nickel-metal hydride, maka emisi gas buang CO2 dijamin bakal berkurang hingga 50%.

“Toyota adalah pelopor dalam pengembangan teknologi hybrid, dengan produknya yang sangat terkenal, yaitu Prius. Kami pun sangat senang dan terkesan dengan penerapan teknologi ini untuk kendaraan material seperti forklift. Sungguh ini suatu lompatan besar di dunia industri,” kata Brett Wood, Presiden Toyota Material Handling.

Dalam kerjanya, Geneo-Hybrid menerapkan kombinasi antara Series Hybrid System dan Parallel Hybrid System. Untuk pengendalian memakai Series Hybrid System, sementara pengangkatan beban menggunakan Parallel Hybrid System. Kedua sistem tersebut mendapat asupan energi mekanik dari mesin diesel dan generator.

Sumber : Toyota Indonesia

Baca Selengkapnya ...

11 Juni 2009

Bodi Kit Modelista Terbaru Toyota Alphard

Toyota jepang memperkenalkan bodi kit terbaru untuk sang kereta kencana yaitu Toyota Alphard versi Modelista. Bodi kit ini di desain khusus untuk Alphard seri 240S Limited dan 350S Limited yang menawarkan kemewahan lebih.

Perubahan di bandingkan versi modelista sebelumnya adalah bentuk desain gril depan dan bumper depan yang lebih melebar dan lebih berkesan dinamis. Untuk sementara ini, Bodi kit modelista belum di jual resmi oleh Toyota Astra Motor.

Baca Selengkapnya ...

09 Juni 2009

Lexus RX-Toyota Prius Memuaskan Inggris

Lexus RX 4x4 dan Toyota Prius merajai posisi teratas dalam surveri kepuasan konsumen yang diselenggarakan J.D. Power dan majalah otomotif Inggris What Car? Di Inggris yang dirilis akhir pekan lalu.

Dalam survey J.D. Power and Associates/What Car? 2009 UK Vehicle Ownership Satisfaction Study (VOSS)itu, SUV mewah Lexus RX 4x4 mendapat nilai terbaik disusul mobil hybrid ramah lingkungan Toyota Prius di posisi kedua.

Lexus RX mendapat nilai 853 dari 1000 point-scale. Kepuasan tertinggi konsumen terutama dari kualitas dan daya tahan model ini, daya tarik mobil dan pelayanan di dealer. Sementara Prius mendapat nilai tinggi di kualitas dan kekuatan serta biaya pemakaian rendah.

"Penjualan SUV mungkin turun, tapi jelas terlihat pemilik Lexus RX dengan gembira merekomendasikan mobil ini ke teman-temannya," kata Steve Fowler, editor majalah What Car?"Sebagian dari Lexus RX yang disurvei adalah RX hybrid. Dengan Prius di posisi kedua, jelas mobil-mobil ramah lingkungan sangat memuaskan pemiliknya," tambahnya.

"Lexus secara konsisten memberikan pengalaman kepemilikan yang luarbiasa bagi pelanggannya di Inggris," Susan Barnes, European automotive director, J.D. Power and Associates.

Survei ini melibatkan 15,700 pemilik mobil. Di posisi ketiga adalah Honda Jazz dan di posisi ke empat lagi-lagi adalah mobil buatan Lexus yaitu Lexus IS dan posisi kelima, Mercedes-Benz CLK.

Toyota Prius juga terpilih sebagai best upper medium car, sementara Toyota Aygo, mobil mungil bermesin 1.0 liter terpilih sebagai best city car. Penghargaan tertinggi juga diberikan pada Lexus RX sebagai best SUV.

Sumber : Toyota Indonesia

Baca Selengkapnya ...

Camry Hybrid Jadi Pace Car 6 Balapan NASCAR

Untuk pertama kalinya dalam sejarah sirkuit jalan raya NASCAR, Camry Hybrid akan memimpin 43 mobil yang bertarung dalam Toyota/Save Mart 350 Sprint Cup Series. Camry Hybrid terpilih sebagai pace car pada gelaran di Infineon Raceway, Sonoma, California, 19 -21 Juni 2009.

Debut Camry Hybrid sebagai pace car terjadi bulan lalu di NASCAR Sprint Cup Series di Lowe's Motor Speedway. Camry Hybrid menjadi mobil hybrid pertama yang bertugas sebagai pace car resmi pada seluruh balapan itu.

Camry Hybrid akan bertugas sebagai pace car di enam balapan tahun ini. Selain di Infineon Race Way, juga di Lowe's Motor Speedway (Mei dan Oktober), Chicagoland Speedway ( 11 Juli ), Watkins Glen International ( 9 Agustus ) dan Martinsville Speedway (25 Oktober).

Tradisi NASCAR selama ini, pace car selalu mobil-mobil terbaik yang diproduksi oleh produsen otomotif Amerika Serikat.

Kepercayaan penyelenggara balapan NASCAR untuk menjadikan Camry Hybrid sebagai pace car adalah penghormatan terhadap kekuatan torsi dan karakter kinerja lainnya dari Camry Hybrid seperti diungkapkan Ed Laukes, corporate motorsports marketing manager, Toyota Motor Sales, U.S.A. (TMS). Camry Hybrid berhasil memenuhi semua persyaratan NASCAR untuk menjadi pace car dalam balapan terpanjang sepanjang musim.

Camry Hybrid ikut membantu Infineon Raceway untuk menjadi sirkuit yang ramah lingkungan. Sirkuit ini punya program daur ulang sepanjang tahun dan kegiatan-kegiatan ramah lingkungan lainnya.

Diproduksi di Georgetown, Kentucky, Toyota Camry Hybrid menggunakan mesin 2.4 liter 187 liter yang konsumsi bahan bakar rata-rata 33mpg.

Sumber : Toyota Indonesia

Baca Selengkapnya ...

05 Juni 2009

Toyota Segera Luncurkan Hilux Baru

Sama halnya dengan Camry yang tertangkap tangan sedang melakukan uji tipe untuk produk terbarunya.

Produk Toyota lain yakni Hilux ternyata juga ketahuan sedang dipersiapkan untuk dirilis ke pasar otomotif tanah air. Toyota terakhir meluncurkan Hilux double cabin pada akhir Januari 2009 lalu.

Varian baru double cabin Toyota ini, sejak pertengahan bulan Mei ini diketahui sedang melakukan uji tipe untuk varian terbaru.


Karena bila saat ini Hilux hanya tersedia dalam satu tipe saja yaitu E, beberapa bulan yang akan datang dipastikan akan ada tipe Hilux lainnya yakni Hilux tipe G.

Dan ketika hal itu dikonfirmasi ke GM Marketing Planing Custumer Relation Division PT Toyota-Astra Motor, Widyawati Soedigdo, ternyata Widyawati pun langsung membenarkan informasi tersebut.

"Selain Camry, kami memang sedang mempersiapkan Hilux terbaru," ungkapnya kepada detikOto.

Namun berbeda dengan saudaranya itu, Hilux terbaru nanti bukanlah varian minor change, namun benar-benar merupakan tipe baru dari kendaraan segala medan ini.

"Hilux terbaru ini bukanlah varian minor change, tapi merupakan varian yang baru dari Hilux," ucap Widyawati.

Perbedaan mencolok antara Hilux tipe E yang sekarang ada di pasaran dengan Hilux tipe G yang nanti akan keluar menurut wanita yang biasa disapa Wiwid ini ada diperangkat keamanannya.

Karena Hilux tipe G terbaru ini dipastikan akan dilengkapi perangkat Airbag sebagai tambahannya.

"Itu merupakan respons kami terhadap permintaan pasar yang memang banyak menginginkan hal itu," ujarnya.

Untuk waktu peluncurannya, Wiwid pun sedikit memberi gambaran. Karena bila aplikasi uji tipe telah masuk pada bulan Maret, berarti uji ini kira-kira akan selesai dalam waktu tiga bulan.

Nah setelah itu, ada waktu satu sampai dua bulan lagi yang dibutuhkan untuk mengurus masalah Bea Balik Nama atau BBN. Baru setelah itu produk bisa dipasarkan.

Bila menghitung dari gambaran tadi, berarti Hilux ini kemungkinan akan keluar di sekitar bulan September atau Oktober 2009 mendatang.

"Kemungkinan ada di semester dua nanti," ungkap Wiwid.

Sumber : Detik Oto

Baca Selengkapnya ...

03 Juni 2009

Pertarungan Abadi

Sejak era 1980-an, kelas ini selalu menjadi ajang kompetisi ATPM di tanah air. Meski dominasi sedan kini mulai tergeser, namun di kelas ini pertarungan abadi tetap terjadi. Manakah jajaran produk yang mampu menjawab selera para eksekutif muda di Indonesia?

Berbicara Medium Sedan, nama Toyota Corolla, Honda Civic, dan Mitsubishi Lancer, tentu sudah tidak asing di telinga konsumen Indonesia. Kompetisi ketat antara 3 ATPM besar ini telah mewarnai pasar domestik sejak awal 1980-an. Dan kini, Ford mulai meng-geliat dengan produk andalannya, Ford Focus.

Keberhasilan Corolla Altis dalam penjualan Medium Sedan di Indonesia, mulai mendapat lawan berat dari sekelilingnya. Untuk itu, penting bagi Toyota untuk meremajakan produk andalannya agar tetap menjadi pemimpin pasar di Tanah Air. Dengan menghadirkan pilihan mesin baru, Altis kini memiliki dapur pacu berkapasitas 2.000 cc.

Berbeda dari varian bermesin 1.800 cc, Corolla Altis 2.0 V teranyar ini telah dilengkapi teknologi dual VVT-i dan paddleshift. Kedua fitur ini tentu saja memberikan nuansa sporty pada sedan elegan ini. Kesan interior yang dibangunnya memiliki nuansa elegan ketimbang sporty. Imbuhan head unit dengan layar ECD maupun DVD player, meningkatkan value for money sedan Toyota ini.

Sementara beberapa waktu sebelumnya, Ford Focus dengan varian terbaru, Ghia 2.0. Sedan bermerek asal Amerika ini memiliki cita-rasa Eropa yang kental dengan berbagai kelengkapannya. Tentu saja nuansa Eropa terpancar jelas dari ekterior maupun interiornya. Sebagai model facelift, varian Ghia 2.0 ini memang ditargetkan untuk para eksekutif muda.

Fitur-fitur standar yang dimilikinya sudah cukup untuk memanjakan pengemudi maupun penumpang di dalamnya. Sayangnya, unit diesel yang menjadi unggulan Ford Focus saat ini, tidak tersedia pada varian sedannya.

Begitu pula dengan Civic. Facelift yang dilakukan Honda membuat Civic tampil lebih sporty dengan layout bumper baru. Untuk pasar Indonesia, Honda hanya menawarkan dua pilihan mesin Civic: 1.800 cc dan 2.000 cc. Tak ada versi high performance hadir dalam line-up-nya di Tanah Air. Penampilannya tetap mampu menghipnotis penggemar Honda di Tanah Air. Apalagi konsep sport telah menjadi satu paket menarik dari Civic.

Sedangkan Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT, masih menjadi pilihan Medium Sedan menarik di Tanah Air. Sayang, penampilan eksterior yang sporty tidak serta merta membuatnya mampu mengungguli para rivalnya. Namun PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) malah tertarik dengan menghadirkan pilihan mesin high performance Evo X di dalam line-up Lancer di Tanah Air.

Pertarungan kunci: Manakah paket paling menarik?
SELAIN menyediakan empat pilihan trim pada Corolla Altis, Toyota cukup cerdik dengan menyuguhkan fitur-fitur pendukung. Monitor navigasi merupakan salah satu fitur yang cukup dibutuhkan saat ini. Hal mi kian memberi keleluasaan kepada konsumen untuk memilih Altis yang seusai dengan budget yang dimiliki.

Sedangkan Honda lebih memilih segmentasi dalam menjual produknya. Pengemudi antusias menjadi incaran Honda dengan Civic. Eihat saja, penerapan stability control dan posisi mengemudi yang begitu mengasyikkan sebagai salah satu cirinya. Belum lagi performa dapur pacu yang mengusung teknologi i-VTEC.

Sedangkan Mitsubishi Lancer dan Ford Focus berada di antara keduanya. Mereka tak memiliki kelebihan yang menonjol yang saling mendukung. Seperti Lancer dengan penampilan sporty namun kurang didukung oleh performa dan pengendalian terbaik. Begitu pula dengan Focus. Andai saja pilihan mesin diesel yang dipadu transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) hadir pada Focus sedan, tentu paket yang dihadirkan akan lebih menarik.

Toyota Corolla Altis 2.0V
PENGEMBANGAN, adalah kata kuci berhasilnya sebuah produk di pasar. Dengan terus menawarkan value for money yang memikat, sebuah kendaraan akan terus diminati pembeli dan mendulang kesuksesan. Hal tersebut dilakoni oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) saat merilis Toyota Corolla Altis bermesin 2.000 cc.

Inovasi paling kentara darinya adalah adopsi tekonologi Dual VVT-i. Berbeda dengan teknologi VVT-i, sistem ini sekaligus mengatur kinerja dari katup masuk dan buang. Tak heran bila Toyota tertarik untuk meningkatkan kapasitas mesin hingga 200 cc tanpa takut konsumsi bbm menjadi lebih boros.

Tenaga besar pun mampu diraihnya dengan penambahan kapasitas mesin ini. Dengan tenaga sebesar 152 dk, ia pun mampu mencetak figur akselerasi 0-100 km/jam dalam 10,2 detik. Kendati demikian, ia tetap kalah dari Honda Civic 2.0 dan Mitsubishi Lancer EX 2.0GT yang mencatat 9,5 dan 9,9 detik.

Kekalahan Altis turut disumbang oleh transmisi otomatis 4-speed yang disematkan. Beda dengan Civic dan Lancer yang telah memiliki G-speed dengan rasio rapat. Sulit bagi Altis untuk mengimbangi keduanya saat adu kencang.

Meningkatnya efisiensi mesin mengakibatkan torsi yang dihasilkan naik secara signifikan. Tercatat angka 212 Nm pada 4.400 rpm. Itu terasa saat ia harus berjibaku di tengah padatnya jalan. Makanya saat diukur konsumsi bbm dalam kota, Altis mencatat angka 10,2 km/liter.

Hal tersebut berimbas pada konsumsi bbm tol. Altis menoreh figur 16,4 km/liter. Masih lebih unggul dari pesaingnya. Hasil di atas menjadi sangat berarti bagi Anda kaum konservatif yang tidak terlalu membutuhkan performs menggelora.
Inovasi selanjutnya adalah imbuhan paddleshift di balik setir. Meski bukan cerita baru karena Civic dan Lancer telah memiliki, tapi itu merupakan yang pertama untuk Toyota di Indonesia.

Namun hati-hati saat membawanya bermanuver. Karena setelan suspensi masih sama dengan varian 1.8, bantingannya terasa empuk. Akibatnya Altis cukup sulit untuk dikendalikan lantaran suspensi kurang mampu mengimbangi dorongan torsi yang kuat. Potensi limbung mu-dah terdeteksi. Karena setir ringan, hilangnya rasa saat kecepatan tinggi membuat pengemudi sulit memprediksi arah mobil.

Tidak ada ubahan berarti pada penampilan eksteriornya. Hanya berganti desain gril yang membuat ia tampak lebih sporty. Kendati untuk Anda pengemudi antusias, tampilan luar Civic dan Lancer tetaplah yang terbaik. Bahkan dengan tampilan Focus sekalipun, jika dilihat dari depan.

Kesan mewah sangat terasa di bagian dalam. Balutan kulit cerah di bangku membuat penumpang merasa nyaman. Bicara audio, ternyata Altis ini berbeda dari 1.8. la tidak lagi dilengkapi head unit terintegrasi, melainkan sistem audio visual baru dari pihak ketiga.

Hal ini dikarenakan PT TAM ingin memberikan value bagi pemilik Altis dengan menyematkan sistem navigasi. Begitu dinyalakan Anda akan segera paham bahwa Garmin dilibatkan dalam proses pembuatannya. Sedangkan Tele Altas digandeng sebagai penyedia peta.

Dengan tombol sentuh di layar, Anda dapat menavigasi tujuan sebelum jalan. Petanya tergolong lengkap karena PT TAM terlibat langsung saat proses pengembangan. Point of Interest (POI) yang disajikan terbilang lengkap, termasuk lokasi bengkel resmi Toyota. Semakin memikat dengan hadirnya voice guidance berbahasa Indonesia.

PT TAM dianggap berhasil dalam mengembangkan Altis. Memang bagi pecinta kecepatan ia bukanlah pilihan utama. Pun dengan desain eksterior biasa saja. Tapi performanya tidak mengecewakan. Beberapa gimmick menarik seperti paddleshift dan sistem navigasi turut mereka sematkan. Cukupkah untuk menjadi yang terbaik?

Poin utama
1.MESIN
Selain naik kapasitas, mesin yang dipakai dilengkapi teknologi canggih Dual VVT-i. Memang tenaga yang disemburkan tidak segarang Civic dan Lancer, namun torsinya adalah yang terbaik di sini. Pun dengan efisiensi mesin lebih baik. Makanya konsumsi bbm Altis lebih baik dari keduanya.

2.EKSTERIOR
Tidak ada ubahan dari model 1.8. Kecuali hadirnya gril sporty bermotif sarang tawon di dalamnya dengan bilah krom cantik di atasnya. Kit bodi cukup membuatnya tampil lebih sangar kendati kami melihat tampilan ketiga rivalnya lebih agresif dari Altis.

3.INTERIOR
Aroma konservatif terus berlanjut pada kabin. Balutan kulit mewah pada bangku setaagi penanda. Desain dasbor modern walau desainnya kalah memikat dari Corolla ataupun Lancer. Imbuhan paditleshift menaikkan pamornya.

4.SISTEM NAVIGASI
Bisa dikatakan Altis adalah inovator untuk sistem navigasi yang menjadi satu kesatuan dengan mobil. Ketiga rivalnya belum memikirkan hal tersebut. Sangat membantu karena Toyota terlibat langsung dalam pengembangan.


Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT
PABRIKAN berlambang Tiga Berlian ini melakukan reborn saat kembali melansir Lancer EX. Tidak tanggung-tanggung, Mitsubishi memboyong dua model sekaligus untuk transporter harian dan versi kencang di Tanah Air.

Untuk versi harian, PT Krama Yudha Tiga Berlian siap bertarung sengit dengan para rival yang memang kuat bercokol di pasar lokal. Yup, Lancer EX 2.0 GT siap menantang ketangguhan Toyota Corolla Altis, Honda Civic dan Ford Focus Ghia dalam pertarungan kali ini.

Tampilan radikal nan elegan langsung terpancar pada wajah luar Lancer. Sepintas bodi yang mirip dengan versi high performance, membuat paket Lancer EX menjadi salah satu alternatif menarik. Kesan sporty tampak pada gril trapezoidal. Kian apik dengan hadirnya spoiler belakang di atas bagasinya berbalut pelek alloy 18 inci.

Mesin 1.998 cc berteknologi MIVEC mampu menyemburkan tenaga hingga 155 dk/6.000 rpm dan torsi maksimum 200 Nm/4.500 rpm. Tanpa banyak diketahui, teknologi pengaturan katup masuk dan buang telah lebih dahulu hadir pada Lancer EX ketimbang Corolla Altis terbaru. Dengan transmisi CVT, Lancer memberikan sensasi berkendara. Entakan halus nan kencang terasa saat pedal gas diinjak dalam mode Sport.

Lancer mampu berakselerasi 0-100 km/jam di bawah 10 detik atau tepatnya, 9,9 detik. Hasil ini rnembuatnya duduk di posisi kedua setelah Honda Civic dengan waktu terpaut 0,3 detik.

Pun begitu soal konsumsi bbm. Meski bukan yang terbaik di tes ini, konsumsi bbm Lancer di jalan bebas hambatan terbilang irit, yaitu 14,8 km/1. Lancer mesti mengakui kelebihan Toyota Corolla Altis 2.0 yang mampu menembus 16,4 km/1 atau lebih boros 1,6 km/1. Bahkar. untuk rute kombinasi, Lancer bisa menyentuh angka 12,4 km/1.

Singkatnya, baik performa maupun kehematan, Lancer cukup bisa diandalkan dibandingkan para rival sekalipun. Mampukah segala kelebihan ini, Lancer bisa dengan mudah melaju kencang dalam kontes ini?

Poin utama
1.STYLING
Tampilan radikal nan elegan menjadi daya tarik Mitsubishi lancer EX 2.0. Meski hanya untuk mobil harian, nuansa mobil taerperforma sudah terpancar saat Lancer melintas.

2.INTERIOR
Sederet fitur pendukung seperti Multi Information Display, paiUleshift di kolom kemudi, AC dengan climate control, dan tumbol audio dl setir menjadi kelengkapan standar di EX.

3.MESIN
Dapttr pacu 1.998 cc berteknologi MIVEC menyemburkan tenaga 155 dk/6.000 rpm dan torsi maksimum 200 Nm/4.500 rpm, cukup mumpuni baik performa maupun kehematan saat beraksi di jalan.

4.PILIHAN LENGKAP
Mitsubishi Lancer hadir dengan pilihan lengkap. Untuk versi harian, Lancer EX 2.0 GT layak dipilih, sementara bagi penyuka mobil berperforma ekstra, Evo IX bisa jadi jawaban. Keduanya pun dihadirkan PT KTB secara bersamaan untuk konsumen lokal.

Honda Civic 2.0
BENAR, ini adalah versi facelift dari Civic. Varian bermesin 2.0 ini kini memiliki penampilan bumper yang baru dan lampu belakang bulat terdahulu, kini berubah menjadi oktagon atau segi delapan.

Sekilas riada perubahan bentuk secara mendasar. Penampilannya terlihat modern dengan kaca depan yang landai serta lekuk bodi unik. Mobil ini terlihat elegan, canggih, sekaligus dinamis.

Di dalam, nuansa tersebut masih berlanjut. Panel instrumen yang terpisah dalam dua bagian memiliki spidometer digital di atas, sementara bagian bawahnya menampilkan takometer dengan jarum analog. Desain panel instrumen bertumpuk di Civic ini diberi nama Multiplex oleh Honda. Kini Civic sudah sedikit berbenah dan menambahkan fitur fuel consumption yang absen di versi terdahulu.

Kesan luas dan dinamis langsung terpancar begitu Anda duduk di belakang kemudi Civic, dengan posisi yang cukup ergonomis. Semua kendali seperti tuas transmisi, rem tangan, paddleshift serta pengaturan kemudi 4 arah membuat semua kendali berada berada dalam genggaman.

Posisi mengemudi yang baik tidak menyebabkan pegal saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini memberikan pengalaman berkendara terbaik pada pengetesan kali ini. Pun begitu, penumpang belakang tetap bisa menikmati ruang ruangan cukup lega.

Mesin berkapasitas 1.998 cc i-VTEC DOHC paling bertenaga di kelas ini. Di atas kertas, mesin ini memiliki tenaga kuda yang setara dengan Mitsubishi Lancer EX sebesar 155 dk, pada putaran yang sama pula 6.000 rpm. Namun bobotnya yang sedikit lebih ringan, membuat akselerasinya lebih lincah hampir di semua tingkat kecepatan dibandingkan EX. Hal ini dibuktikan dengan menyelesaikan akselerasi 0-100 km/ jam dalam tempo 9,6 detik.

Tenaga Civic terasa merata dari putaran bawah hingga tengah dan menggila di putaran tinggi. Transmisi matik 5-speed-nya sangat responsif ketika melakukan perpindahan. Dan mode manual dengan perpindahan via tuas di balik setir rnembuatnya semakin mengasyikkan dikemudikan. Bahkan perpindahan tersebut masih bisa dilakukan pada mode otomatis sekalipun, hal yang tak bisa dilakukan oleh Lancer EX.

Bantingan Civic tergolong moderat atau setara dengan Ford Focus, namun sedikit lebih keras ketimbang Mitsubishi maupun Corolla Altis. Pengendaliannya juga cukup lincah, tapi memang belum sepresisi Mitsubishi yang menggunakan pelek berdiameter 18 inci.

Dimensi pilar A yang tebal mengganggu manuver di jalan sempit. Di sisi lain, satu hal lagi yang menyenangkan dari mobil ini adalah setirnya yang berukuran kecil dan pas digenggaman, sehingga memudahkan pengemudi pada saat melakukan manuver.

Lampu HID xenon serta kontrol kestabilan sudah menjadi menu standarnya. Kehadiran stabilty control VSA (Vehicle Stability Assist) membantu menjaga keselamatan pada kecepatan tinggi. Dengan harga yang mencapai Rp 398 juta, apakah Civic mampu kembali bersaing dan mengambil kembali tahta sebagai yang terbaik di kelasnya?

Poin utama
1.STYLING
Penampilan terbarunya tetap memberikan sedikit penyegaran. Sentuhan yang diberikan Honda pada bumper depannya memberikan kesan sporty yang semakin kental.

2.INTERIOR
Berkat desain Multiples yang diterapkan pada model ini, mampu menghasilkan ruang yang lapang bagi seluruh penghuni kabin. Hal tersebut dipadu dengan desain bertaagai tuas maupun tombol pengendali yang ergonomis sehingga mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengemudi juga penumpang depan.

3.MESIN
Dengan modal mesin yang terkuat di kelas ini, Civic tetap memiliki performa terbaik walau harus dibayar dengan konsumsi BBM yang sedikit lebih boros dari rivalnya. Torsinya yang tidak sebesar Lancer EX 2.0 GT maupun Corolla Altis 2.0 V, tetapl tetap lebih unggul dari Focus.

4.FUN TO DRIVE
Racikan suspensi dan mesin pada varian ini, dipadu denga posisi mengemudi yang baik, mampu memberikan sensasi pengalaman berkendara yang optimal.

Ford Focus Ghia 2.0
SATU-SATUNYA kontestan Tes Jalan Medium Sedan ini yang berasal dari luar Jepang adalah Ford Focus. Dengan mengadopsi konsep Kinetic Design, Focus sedan sudah mengikuti wajah para saudaranya yang memiliki ciri khas lubang udara besar dan lampu menyipit yang ditarik ke belakang. Untuk menambah kesan mewah pada moncongnya diimbuhi Us krom.

Perubahan lain dari Ghia dibandingkan dengan versi yang digan-tikannya adalah adanya tambahan lampu sein pada spion dan juga lis pada pintu dan hendelnya. Sementara bagian buritan, terlihat lampu yang didesain ulang walaupun bukan merupakan major change.

Masuklah ke dalam interiornya, maka jelas terlihat sebagai varian termewah, seluruh bangku dan beberapa panel pintu dibungkus bahan kulit mewah dengan warna beige. Warna serupa berlanjut pada bagian dasbor dan panel pintu dengan sedikit tambahan warna abu-abu.

Kemudi palang empat pun terkesan mewah dengan balutan kulit dan memiliki tuas audio dan menu tepat di belakang lingkar kemudi yang mudah diraih. Sayang kemudinya kurang nyaman digenggam.

Tuas audio berupa volume, track CD ataupun radio dan mode mengganti gelombang radio yang sudah di set sebelumnya. Konsol tengah dihiasi sentuhan kayu untuk menambah kesan mewah.

Sandaran tangan depan dapat dimaju-mundurkan sehingga tangan tidak mudah letih ketika sedang berhenti. Ruang penyimpanan cukup memadai dengan beberapa cup bolder.

Untuk mendapat posisi duduk dalam Ghia sangat mudah karena dilengkapi dengan pengaturan elektrik pada bangku pengemudi. Dan lingkar kemudi pun dapat di atur ketinggiannya serta jauh dekatnya dengan pengemudi.

Bagasi yang dimiliki Ghia jelas lebih besar dari versi hatchback sehingga dapat memuat banyak barang belanja. Bila dirasa kurang, jok belakang bisa dilipat sehingga menambah kapasitas ruang bagasi. Caranya pun mudah, hanya menarik tuas yang berada disamping headrest.

Mesin yang digunakan pada Focus Ghia adalah mesin bensin 1.999 cc 4 silinder Duratec. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 144 dk pada 6.000 rpm dan torsi 185 Nm pada 4.500 rpm. Respons-nya memang tidak seganas unit diesel dan hanya ditemani transmisi otomatis 4-speed yang menye-diakan mode manual.

Namun satu kelebihan dari Focus Ghia adalah adanya pengaturan steering yang bisa diset pada Menu saat keadaan mobil sedang diam. Anda bisa mengatur kemudi untuk mode Standard yakni untuk penggunaan sehari-hari, Sport bila Anda berada di jalan bebas hambatan atau banyak melakukan manuver pada kecepatan tinggi, dan Comfort untuk cruising ataupun saat parkir.

Konsumsi bbm tidak bisa di-bilang hebat karena untuk jalan tol hanya mampu mencatat angka 14,7 km/1, sementara untuk konsumsi jalanan kota, Focus yang paling boros dalam komparasi kali ini dengan angka 9,2 km/1. Sementara untuk akselerasi untuk mencapai 100 km/jam, Focus Ghia mencatat angka 11,7 detik.

Poin utama
1.STYLING
Konsep Kinetic Design menjadikan Focus lebih segar dipandang dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tambahan bagasi dari versi hatchback menambah ruang bagasi.

2.INTERIOR
Cukup mewah dengan fitur-fitur audio dan menu MID yang tuasnya berada dibalik kemudi.

3.FITUR
Fitur yang menonjol adalah adanya pengaturan untuk bobot kemudi dalam pengendaraan, Standard, Sport, Comfort - yang bisa di-setting dari Menu.

4.PILIHAN VARIAN
Untuk versi Ghia ditawarkan mesin 2.000 cc dan 1.800 cc. Sementara bagi penyuka model hatchback memiliki pilihan bensin untuk pengedaraan harian yang santai.

Backseat driver
ADAKAH VARIAN SERUPA YANG DITAWARKAN KEEMPAT KONTESTAN ?
COROLLA Altis masih menjual tiga model bermesin 1.800 cc. Sementara Civic memiliki dua varian bermesin 1.800 cc yaitu bertransmisi manual dan otomatis. Focus memiliki varian 2.0 lebih murah, yaitu Comfort. Sedangkan Lancer EX hanya memiliki satu pilihan model. Namun jika dompet Anda tebal, Lancer Evo X seharga Rp 1,1 miliar layak dicicipi.

SIAPA LAGI PEMAIN DISEKTOR INI?
MAZDA3 Sedan adalah salah satunya. Saudara jauh Ford ini masih menjual 3 Sedan model lawas, padahal di negeri asalnya dan di Eropa, 3 telah mengalami pergantian model.

Jika hanya mempertimbangkan mesin, Peugeot juga memiliki 407 bermesin 2.000 cc. Namun sebenarnya sedan Francis ini masuk di kelas lebih tinggi. Unitnya sendiri tidak ready stock dan harus dipesan terlebih dahulu.

Kesimpulan
TAK dapat dipungkiri, bahwa paket paling menarik tetap dimiliki Toyota Corolla Altis. Pengembangan yang dilakukan memang telah menjadi kebutuhan konsumen di kelas Medium Sedan saat ini. Usaha Toyota untuk menambah pilihan mesin dan menyematkan fitur-fitur menarik, merupakan langkah yang tepat.

Memang Altis bukan yang terbaik dalam hal performa dan pengendalian, namun ia tetap berada dalam batas yang tidak memalukan. Tapi dalam hal konsumsi bbm, Altis mampu menjadi yang terbaik dari para rivalnya. Hal inilah yang membuat paket Toyota mampu menjadi yang terbaik dalam tes jalan kali ini.

Sedangkan Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT menguntit ketat di belakangnya. Lancer EX mampu memberikan aura sport yang kental. Suatu hal yang tidak bisa diberikan oleh para kompetitornya. Sistem tata suara yang dimilikinya juga merupakan yang terbaik. Bahkan sistem audio visual yang dimiliki Altis tidak mampu menyainginya.

Performa mesin maupun handling-nya masih sebanding dengan yang diberikan Civic. Begitu pula unsur fun to drive yang dimilikinya, mampu memberikan sensasi yang merefleksikan penampilan eksteriornya. Nuansa sport tersebut terlalu dihayati sampai-sampai interiornya kurang kedap dibandingkan para pesaingnya.

Berbicara paket sporty, Honda Civic merupakan jagoannya. Dalam hal tenaga, maupun handling, Honda Civic menjadi yang terbaik. Terlebih
faktor ergonomis saat mengemudi yang dimilikinya, tidak dapat disaingi oleh peserta lainnya. Sayangnya, paket ini begitu segmented sehingga hanya pengemudi antusias saja yang menginginkan mobil ini.

Pembaruan yang dilakukan Ford pada Focus mampu membuat sedan ini tampil lebih mewah. Kesan ini semakin kuat dengan kenyamanan khas mobil Eropa, ditambah kabinnya yang hening. Sayang kelengkapan fiturnya hanya berada dalam batas rata-rata, begitu juga performa yang tergolong biasa-biasa saja. Alhasil sedan berlambang Oval Biru im belum mampu mengimbangi rival-rival sekelasnya dalam Tes Jalan kali ini.

Peringkat akhir
1. TOYOTA COROLLA ALTIS 2.0
(+): Paddleshift, smart key, harga
(-): Transmisi hanya 4-percepatan, pelek 16 inci

2. MITSUBISHI LANCER EX2.0 GT
(+): Pengendalian akurat, fitur lengkap, pelek 18 inci, desain eksterior
(-): Jaringan servis, interior kurang kedap, perlu inden

3. HONDA CIVIC 2.0
(+): Performa mesin, posisi mengemudi, kontrol kestabilan
(-): Desain pilar A tebal, pelek 16 inci, harga paling mahal

4. FORD FOCUS GHIA 2.0
(+): Kenyamanan sedan Eropa, kabin yang senyap, harga
(-): Akselerasi, konsumsi bbm, tenaga

Sumber : AutoBild Indonesia, Senin, 01 Juni 2009

Baca Selengkapnya ...

Penjualan Toyota tembus lebih dari 14.000 unit

Pasar Otomotif Mei 2009

Penjualan Ritel Toyota di bulan Mei 2009 ini berhasil menembus angka 14.399 unit dan tetap menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia. Angka penjualan ini merupakan angka penjualan tertinggi dalam 5 bulan terakhir. Kontribusi penjualan terbesar tetap dipegang oleh Avanza dengan penjualan 8.956 unit disusul Kijang Innova dengan penjualan 2.419 unit.

Di kelas 4x2 compact, kendaraan anak muda yang Groovy, Toyota New Yaris berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 389 unit meningkat 53,8% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Setelah peluncuran New Yaris bulan Maret lalu, permintaan New Yaris selalu mengalami trend yang positif.

Sedangkan di kelas MPV, mobil terlaris Indonesia tetap diraih oleh Avanza dengan angka penjualan sebesar 8.956 unit, meningkat sekitar 30% dibandingkan bulan sebelumnya, angka ini juga merupakan penjualan tertinggi selama tahun 2009. Selain itu, mobil keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang Innova juga meraih hasil yang positif dengan berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 2.419 unit, meningkat sekitar 5% dibandingkan bulan sebelumnya.

Di kelas SUV, Toyota Rush juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 8% dengan berhasil mencatatkan penjualan di bulan Mei sebesar 911 unit. Sedangkan Fortuner 4x2 berhasil meraih angka penjualan sebesar 396 unit.

Pada kelas kendaraan komersial, Truk Dyna juga meraih peningkatan penjualan dengan angka penjualan Dyna 4 tire sebanyak 81 unit atau meningkat 84,1% dibandingkan bulan lalu. Sedangkan Dyna 6 tire berhasil mencatatkan penjualan sebesar 464 unit atau meningkat 19% dibandingkan bulan sebelumnya.

”Hasil pada bulan Mei ini adalah penjualan tertinggi dalam 5 bulan terakhir, semoga hal ini merupakan sinyal positif dari perkembangan pasar otomotif nasional yang juga mencerminkan kondisi makro ekonomi nasiona. Untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan, Toyota selalu memberikan yang terbaik baik produk dan layanan bagi pelanggan setia Toyota di Indonesia,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Sumber : Toyota Indonesia

Baca Selengkapnya ...

02 Juni 2009

Toyota Camry Hybrid Untuk Pasar ASEAN

Toyota Thailand memperkenalkan Toyota Camry Hybrid untuk pasar ASEAN yang siap di jual di Thailand. Versi terbaru Toyota Camry Hybrid ini menggunakan basis Toyota Aurion yang di jual di Australia, sama seperti model Toyota Camry yang di jual di Indonesia. Perubahan pada design grill depan mempunyai kemiripan dengan design Toyota Camry yang dijual di China, dengan sedikit perbedaan pada bagian fog lampnya.

Keseriusan pemerintah Thailand terlihat jelas disini, dengan mengurangi pajak kendaraan hybrid hanya menjadi 10% di bandingkan dengan kendaraan non hybrid sebesar 35%. Sehingga hal ini hanya membuat perbedaan antara Camry non hybrid dan hybrid menjadi hanya sekitar 100.000 bath.

Selain itu Toyota Thailand juga menambah waktu garansi untuk Toyota Camry Hybrid ini menjadi 5 tahun atau 150.000 km. Hal ini jelas lebih menguntungkan konsumen, dibandingkan kendaraan non hybridnya yang hanya mempunyai garansi hingga 3 tahun.

Spesifikasi Toyota Camry Hybrid ini belum di launching tetapi kemungkinan akan tidak berbeda dengan Toyota Camry Hybrid yang di jual di pasar Amerika yaitu menggunakan mesin 2.4 liter Atkinson cycle 2AZ-FXE yang mampu mengeluarkan 147 tenaga kuda pada 6.000rpm dan torsi maksimum 187Nm pada 4.400rpm. Plus ditambah tenaga mesin hybridnya yang menghasilkan 40 tenaga kuda dan torsi 270Nm. Dua mesin ini digabungkan dan disalurkan tenaganya lewat transmisi E-CVT ke bagian roda depannya.

©Rini

Baca Selengkapnya ...

01 Juni 2009

Harga Toyota atau Price List Toyota Jakarta per 1 Juni 2009

Harga Toyota atau Price List Toyota Jakarta per 1 Juni 2009 :

All New Vios E M/T = Rp 204.400.000,-
All New Vios G M/T = Rp 217.400.000,-
All New Vios G A/T = Rp 230.200.000,-

New Avanza Minor Change E M/T = Rp 132.100.000,-
New Avanza Minor Change G M/T = Rp 145.450.000,-
New Avanza Minor Change S M/T = Rp 158.400.000,-
New Avanza Minor Change S A/T = Rp 168.400.000,-

New Innova E standart Bensin = Rp 198.050.000,-
New Innova E M/T Double Blower Bensin = Rp 207.500.000,-
New Innova G M/T Bensin = Rp 225.800.000,-
New Innova G M/T Captain Seat Bensin = Rp 228.100.000,-
New Innova G A/T Bensin = Rp 239.300.000,-
New Innova G A/T Captain Seat Bensin = Rp 241.600.000,-
New Innova V M/T Bensin = Rp 256.600.000,-
New Innova V M/T Captain Seat Bensin = Rp 259.250.000,-
New Innova V A/T Bensin = Rp 270.100.000,-
New Innova V A/T Captain Seat Bensin = Rp 272.750.000,-

New Innova E Standart DIESEL = Rp.213.050.000,-
New Innova E M/T Double Blower DIESEL = Rp 222.500.000,-
New Innova G M/T DIESEL = Rp 240.800.000,-
New Innova G A/T DIESEL = Rp 254.300.000,-
New Innova V M/T DIESEL = Rp 271.600.000,-
New Innova V A/T DIESEL = Rp 285.100.000,-

Rush G M/T = Rp 183.950.000,-
Rush S M/T = Rp 193.250.000,-
Rush S A/T = Rp 207.250.000,-

New Fortuner 4 x 2 G luxury A/T Bensin = Rp 416.700.000,-
New Fortuner 4 x 4 V A/T Bensin = Rp 465.700.000,-
New Fortuner 4 x 2 G M/T Diesel = Rp 359.600.000,-

Yaris J M/T = Rp 174.350.000,-
Yaris J A/T = Rp 184.550.000,-
Yaris E M/T = Rp 180.950.000,-
Yaris E M/T Dress Up = Rp 184.900.000,-
Yaris E A/T = Rp 191.150.000,-
Yaris S M/T = Rp 191.150.000,-
Yaris S A/T limited = Rp 207.450.000,-

All New Corolla Altis 1800 J M/T = Rp 320.500.000,-
All New Corolla Altis 1800 G A/T = Rp 343.700.000,-
All New Corolla Altis 2000 V A/T = Rp 372.500.000,-
Rini
Camry 2400 G A/T Lux = Rp 453.900.000,-
Camry 2400 V A/T Lux = Rp 481.400.000,-
Camry 3500 Q A/T Lux = Rp 630.500.000,-

Land Cruiser 200 A/T Diesel Standard Spec = Rp 1.955.000.000,-
Land Cruiser 200 A/T Diesel Full Spec = Rp 2.175.000.000,-

New Alphard = Rp 1.135.000.000,-

New Previa A/T Full Spec = Rp 986.000.000,-

Hilux pick up 4 x 2 M/T = Rp 142.500.000,-
Hilux Double Cabin 4x4 = Rp 294.000.000,-

Dyna 4 Roda Chassis 110PS ST = Rp 181.650.000,-
Dyna 6 Roda Chassis 110PS ET = Rp 200.200.000,-
Dyna 6 Roda Chassis 130PS LT = Rp 216.350.000,-
Dyna 6 Roda Chassis 130PS HT = Rp 223.000.000,-
Dyna 6 Roda Dump Truck 130PS HTSDT108 = Rp 271.000.000,-
(Ukuran Bak 360x200x80cm)http://rinisumasdi.blogspot.com
Dyna 6 Roda Dump Truck 130 PS HTSDT110 = Rp 275.000.000,-
(Ukuran Bak 360x200x100cm)

Note :
1. Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
2. All New Corolla Altis sudah termasuk Kaca Film V-Kool Clear (depan).
3. Camry Lux sudah termasuk kaca film V-Kool.
4. Kijang Innova E STD sudah termasuk Radio Tape.
5. Kijang Innova E M/T sudah termasuk Alarm dan Electric Mirror.
6. Kijang Innova E & G sudah termasuk Rear Spoiler & Cover Mirror.
7. Kijang Innova V sudah termasuk Cover Mirror.
8. Kijang Innova sudah termasuk Side Visor & Rear Bumper Guard .
9. Fortuner sudah termasuk Cover Mirror.
10. Hilux sudah termasuk keur.
11. Land Cruiser sudah termasuk Kaca Film V-Kool .

*Harga Toyota di atas merupakan indikasi harga mobil baru on the road (OTR)
*Harga Toyota sewaktu-waktu dapat berubah

Baca Selengkapnya ...

Promo SpektakulAIR JUNI - AGUSTUS

PROMO SPEKTAKULAIR

Kini setiap pembelian AVANZA, KIJANG INNOVA, RUSH pada bulan Juni, Juli, Agustus, akan diundi setiap hari KIJANG INNOVA, TV Panasonic, BlackBerry Bold, Panasonic Lumix dan IPod.

Nikmati bunga mulai 3.5% dan menangkan Emas 24 Karat 25gr dari TA Finance atau ACC.

Menangkan juga hadiah Netbook HP dari Garda Oto atau Toyota Insurance.

Informasi lebih lengkapnya silahkan hubungi :
Rini Sumasdi
08164857574
021-92862255
021-28838899

Hadiahnya setiap hari loh, jadi kemungkinan anda dapat hadiahnya sangat besar. Tunggu apa lagi hubungi Rini sekarang juga ^^

SIMULASI CICILAN KIJANG INNOVA 3.5%

KIJANG INNOVA E MANUAL BENSIN MINOR CHANGE
OTR : 207,500,000
DP : 20 (%)

12
24
36
48
60
Installment
15,706,000
8,727,000
6,535,000
5,554,000
5,046,000
First Payment
42,050,000
42,100,000
42,200,000
42,300,000
42,400,000


Baca Selengkapnya ...

Temu Sapa Yaris Groovynations Facebookers

Semakin bertambahnya jumlah anggota Yaris Groovynations Facebookers, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar acara khusus bertajuk ‘Crazy for The Blitz’ di The Cone, FX Lifestyle X’nter, Jakarta, Sabtu (20/5) kemarin. Wujud kepedulian TAM bagi para komunitas Toyota Yaris di dunia maya ini mendapat sambutan antusias dari para Yaris Groovynations Facebookers.

Deputy General Manager PT TAM Widyawati, menjelaskan dengan acara ini diharapkan bisa menampung kreatifitas para anggotanya. “Mudah-mudahan acara ini bisa menampung kreativitas bagi para Yaris Groovy Nations Facebookers dan semakin bisa merasakan eksistensi Yaris sebagai mobil anak muda Indonesia,” harapnya.

Jejaring pertemanan di dunia maya yang sedang naik daun seperti Facebook, memang sangat efektif dalam mengembangkan komunitas Toyota Yaris. Tercatat Yaris Groovynations Facebookers memiliki anggota hingga 4.095 orang.

Yang menarik TAM memberikan apresiasi bagi para anggota Yaris Groovynations Facebookers untuk menuangkan segala macam ide kreasinya. Baik berupa mengekspresikan gaya terbaiknya bersama teman-teman dengan berfoto di samping mobil Yaris.

Sebagai pemenang pertama Tagging Party Part 1 diraih oleh Handoko Tjung. Dia berhak menerima hadiah sebuah Blackberry Bold dan Alya Mirza keluar sebagai juara kedua dengan satu unit iPod Touch 16 Gb.

Sumber : Toyota Indonesia

Jangan lupa juga join grup facebook TOYOTA INDONESIA LOVERS disini

Baca Selengkapnya ...