20 April 2009

Berkat Toyota Penyeberang Jalan Makin Aman

Toyota Motor Corporation (TMC) tidak hanya peduli kepada keselamatan dan keamanan penumpang di dalam mobil, tetapi juga mempedulikan para pejalan kaki maupun penyeberang jalan. Cara yang ditempuh TMC adalah membuat sistem rambu lalu-lintas secara terpadu, dengan menambahkan perangkat optical beacon atau tiang pemantau tambahan di ujung tikungan jalan.

Tiang pemantau yang dilengkapi kamera hingga radar memberikan informasi kepada mobil-mobil masa depan rancangan Toyota, saat akan melewati tikungan. Jika di ujung tikungan yang tak terlihat oleh pengemudi mobil ada penyeberang jalan, secara otomatis mobil akan menerima kiriman data dari optical beacon. Tak hanya itu, sistem di tiang pemantau juga mengaktifkan lampu lalu-lintas untuk tetap merah, hingga penyeberang jalan telah aman sampai di seberang jalan yang dituju.

Ketika mobil menerima peringatan dini dari optical beacon, seketika itu pula akan terdengar bunyi-bunyian hingga visualisasi di dasbor mobil. Diharapkan pengemudi dapat mengurangi kecepatannya atau menunggu hingga lampu lalu-lintas hijau terlebih dahulu.

Sistem keselamatan lalu-lintas terpadu ini bakal didemontrasikan oleh TMC pada 21-23 April di Aichi Prefecture, Nagoya. Manfaatnya adalah mampu menghindari angka kecelakaan yang dialami para penyeberang jalan maupun pejalan kaki, hingga pemakai kendaraan yang lain.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: