11 Juni 2008

Toyota Memimpin dengan 17.522 Unit

Setelah bulan sebelumnya mencetak rekor penjualan bulanan tertinggi sebesar 17.913 unit, pada Mei 2008 Toyota tetap memimpin dengan penjualan tidak bergeser dari atas angka 17 ribu, yaitu 17.522 unit atau mencapai 34,6% pangsa pasar otomotif nasional. Tak hanya dalam perhitungan total penjualan, bulan Mei 2008 produk-produk Toyota juga tercatat sebagai market leader di kelas masing-masing, misalnya Yaris, All New Corolla Altis, Avanza, Kijang Innova, Rush, serta Fortuner. Beberapa produk juga memimpin kelasnya dalam perhitungan penjualan kumulatif (Jan-Mei 2008), seperti Corolla Altis, Camry, Avanza, Kijang Innova dan Rush.

Penjualan Toyota bulan Mei tersebut masih merupakan angka yang tinggi dalam catatan penjualan Toyota selama ini, kendati mengalami sedikit penurunan dibandingkan penjualan selama April lalu. Sedangkan bila dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya (Mei 2007 : 13.182 unit 34,4% m/s), terdapat peningkatan sebesar 33%.

Sementara total angka penjualan otomotif nasional Mei lalu adalah 50.699 unit, berkurang sekitar 1.000 unit dibandingkan penjulan bulan sebelumnya. Segmen 4x2 masih merupakan penyumbang terbesar dengan porsi mencapai 61%. Terdapat pergeseran dalam urutan 3 besar, di mana Mei lalu Mitsubishi duduk di peringkat kedua (15,6%) serta Suzuki di tempat ketiga (13,3%).

“Imbas dari kenaikan harga BBM memang belum tampak dalam penjualan Toyota bulan Mei. Dapat dilihat dari angka yang tetap lebih tinggi dari penjualan bulanan selama Q1 2008 lalu,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. “Sebagai pelaku industri otomotif, kami berharap minimnya pengaruh kenaikan harga BBM ini tetap berlanjut di bulan-bulan mendatang, mengingat pada semester 2 nanti akan banyak product movement, event motor show pada Juli, Lebaran season, serta aktifitas partai politik pra-Pemilu 2009 yang diperkirakan akan dapat mendongkrak angka penjualan.”

Dilihat dari data kumulatif (Jan-Mei 2008), Toyota mencatatkan jumlah 80.531 unit atau lebih tinggi 44,4% dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu. Sementara penjualan nasional Jan-Mei 2008 adalah 237.941 unit.

Kendaraan Non-Komersial
Pada segmen ini, Toyota berhasil menjual 15.750 unit kendaraan, atau 46% dari total jumlah penjualan nasional yang mencapai 34.249 unit.

Pasar Sedan
Pada pasar sedan, Toyota memimpin dengan penjualan mencapai 1.342 unit atau 43,4% pangsa pasar. Di kelas mini sedan, Limo dan Vios mencatatkan 373 unit dan 298 unit penjualan. Corolla berada di posisi teratas kelas small sedan dengan 379 unit atau pangsa pasar 52,1% sementara Camry mendominasi kelas medium sedan dengan 427 unit.

Pasar Kendaraan 4x2
Toyota mendominasi pasar ini dengan penguasaan market share mencapai 46,2% dengan angka 14.326 unit. Avanza memimpin kelas 4x2 Low dengan 6.877 unit 57,1% market share, demikian pula Yaris yang terjual 1.187 unit berada di posisi teratas kelas Mini MPV. Kijang Innova (4.224 unit 64,9% m/s ) serta Rush (1.418 unit 30,8% m/s) juga menjadi market leader di kelas masing-masing. Fortuner 4x2 memimpin kelas 4x2 High dengan angka penjualan 615 unit.

Pasar Kendaraan 4x4
Di pasar ini, Fortuner 4x4 mendominasi 61,9% kelas Medium 4x4.

Kendaraan Komersial
Bulan Mei, penjualan nasional di pasar kendaraan komersial 16.450 unit, di mana Toyota menguasai 10,8% pasar dengan penjualan 1.772 unit. Toyota Dyna adalah penyumbang terbesar penjualan Toyota di pasar ini dengan angka 1.192 unit atau 20,1% market share kelas 2 ton, selain Hilux yang menguasai 20,4% pasar kelas 4x2 Medium Pick Up dengan penjualan mencapai 580 unit.

Sumber: Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: