Bila Toyota punya Prius, maka kini Lexus punya HS 250h. Tidak seperti model hybrid lain dalam keluarga Lexus, maka HS 250h tidak memiliki varian regular. HS 250h murni mobil hybrid seperti Prius. Tidak seperti RX 450h yang memiliki varian regular RX350 atau LS600h dengan alternative LS450.
Dalam keluarga Lexus, HS 240h adalah mobil hybrid ke empat setelah RX450h, GS450h dan LS600h. Juga yang paling efisien dan yang pertama menggunakan material Ecological Plastic yang ramah lingkungan.
Debut di 2009 North American International Auto Show, HS 250h diposisikan antara Lexus IS dan Lexus ES. Lahirnya mobil hybrid ini berasal dari riset yang dilakukan Lexus, dimana lebih dari 60% konsumen di segmen entry-luxury mempertimbangkan membeli hybrid bila tersedia. HS250h adalah jawaban dari keinginan mereka.
Menggunakan mesin empat silinder 2.4 liter dengan siklus Atkinson dikombinasikan dengan Lexus Hybrid Drive System yang total menghasilkan 187hp. Dengan siklus Atkinson, dikombinasikan dengan teknologi Variable Valve Timing with Inteligence (VVT-i), langkah ekspansi/tenaga bisa lebih panjang daripada langkah kompresi, sehingga efisiensi mesin lebih baik. Efisiensi HS 250h 30% lebih baik dari model-model Lexus lainnya.Seperti pada 2010 Lexus RX450h yang diluncurkan November lalu, HS 250h dilengkapi dengan exhaust recovery system yang memperpendek waktu pemanasan mesin, memungkinkan mesin berhenti lebih awal di lampu merah, lebih sering dan rentang lebih lama. Kaca depan dengan lapisan penyaring inframerah membantu interior tetap dingin sehingga kebutuhan energi untuk AC lebih sedikit. Lampu depan juga menggunakan teknologi LED yang hemat energi.
Disain HS 250h sangat aerodinamis. Coefficient of drag hanya 0.27, terbaik dikelasnya. Disain spoiler dan diffuser membantu mengurangi turbulensi. Under-floor cover juga dirancang untuk mengurangi hambatan angin. Semua itu, selain meningkatkan efisiensi bahan bakar, juga mengurangi deru suara angin sehingga menghasilkan interior yang senyap.
Sekitar 30% area interior dan bagasi menggunakan penutup dari Ecological Plastics atau bio-plastik. Material ini ramah lingkungan karena emisi karbonnya lebih sedikit dibandingkan plastik konvensional.
Kualitas interiornya tidak berbeda dengan mobil mewah lainnya seperti kursi kulit, moonroof, sistem audio kelas premium khas Lexus, Bluetooth, radio satelit, USB, iPod yang dikontrol lewat tombol-tombol di kemudi. Multi information display juga dikontrol lewat tombol-tombol di kemudi sehingga memudahkan pengemudi mendapat informasi.Suspensi depan MacPherson struts dirancang untuk stabilitas di lintasan lurus, dan kendali optimal saat pengereman. Suspensi belakang double wishbone memberikan kemampuan manuver yang baik, kendali dan kenyamanan. Arsitekturnya dirancang sedemikian rupa sehignga menghasilkan ruang kargo lebih besar.
HS 250h juga dilengkapi dengan Remote Touch, kontroler yang berbentuk seperti mouse dan diposisikan di central console. Fungsinya memudahkan penggunaan sistem navigasi. Sistem navigasi berbasis hard disk ini juga dilengkapi dengan fitur voice-recognition yang lebih fleksibel dan berupa percakapan yang memudahkan pengemudi mengontrol audio, climate system dan navigasi.
Fitur optional lainnya adalah Heads-up Display (HUD) yang menggunakan LED intensitas tinggi untuk menghasilkan citra yang cukup terang untuk dibaca meskipun dibawah sinar matahari langsung. Fitur ini membantu pengemudi untuk terus konsentrasi di jalan.
HS250h memimpin di kelasnya dalam hal safety. Ada sepuluh airbag yang melindungi penumpang dari benturan, juga active front headrest untuk melindungi tulang leher dari cidera akibat benturan belakang. HS juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) system dengan optional Pre-Collision System with Dynamic Radar Cruise Control.
Juga dilengkapi dengan lane keep assist system yang membantu pengemudi untuk tetap di jalurnya. Sistem ini akan mengarahkan kemudi untuk tetap di tengah-tengah jalur berdasarkan input dari kamera pembaca marka. Sistem ini dilengkapi dengan peringatan suara dan getaran pada roda kemudi yang mendorong pengemudi mengoreksi arah.
Sumber : Toyota Indonesia
13 Januari 2009
Lexus HS 250h, Hybrid Keempat Lexus
Labels: Lexus
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar