27 Januari 2009

TF109 Pakai KERS Bila Aman

Pertanyaan apakah Tim Formula 1 Panasonic Toyota akan memakai KERS di musim 2009 mulai terjawab. Presiden Motorsport Toyota, John Howett menjelaskan ujicoba KERS masih terus dilakukan.

Bila hasilnya signifikan, maka timnya akan memakai KERS. Namun jika tidak aman bagi pembalapnya ataupun kepada mekanik, besar kemungkinan KERS tidak akan dipakai.

Howett menambahkan timnya cukup dilematis dalam mengembangkan sistem perubah energi mekanik menjadi listrik itu. Alasannya adalah terlalu tingginya biaya dalam mengembangkan KERS. Terlebih di musim 2009 Toyota mencanangkan untuk melakukan penghematan di berbagai sektor.

Tim Prinsipal Toyota, Tadashi Yamashina juga mengungkapkan KERS tidak seekonomis seperti yang dibayangkan para petinggi FIA. Berbagai riset telah dilakukan dan harus diakui mengkombinasikan sistem KERS dengan mesin 2.400 cc tidaklah semudah yang dibayangkan.

Namun Tadashi memastikan jika KERS terbukti aman dan teruji mampu bertahan di berbagai tes, maka barulah Toyota akan memakainya. “KERS di mobil Formula sangat berbeda dengan teknologi hybrid di mobil pada umumnya. Jadi kita tunggu saja hasil ujicobanya,” tegasnya.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: