14 April 2009

Scion iQ Concept

Toyota menampilkan Scion iQ concept di pameran mobil New York International Motor Show mulai pekan lalu. Mobil mungil ini menjawab rumor tentang model terbaru Scion yang beredar sejak Toyota iQ diperkenalkan tahun lalu.

Menurut Jack Hollis, Scion vice president, mobil konsep ini agar bisa memenuhi semua kebutuhan transportasi generasi muda perkotaan. Efisien untuk lalu lintas kota, lincah bermanuver, mudah diparkir, irit bensin dan memiliki disain yang menarik dan fungsional. Scion menggandeng rumah modifikasi Five Axis dari Huntingoton Beach, California. Hasilnya tampilan eksterior agresif dan serangkaian perubahan pada interiornya.

Kombinasi front air dam, aero headlamps dan lampu LED dengan garis-garis tegas dan sudut-sudut geometris mencuatkan kesan dinamis. Dipadukan dengan elemen warna nikel dan bentuk jaring melahirkan keindahan yang khas.

Di bagian samping, yang mencolok adalah alloy wheel 18 inci dengan warna nikel dan ban lebar. Dipadukan dengan panel wide body yang menyambung ke rumah roda gembung. Di bagian belakang bentuk trapezoidal mendominasi, termasuk ujung knalpot yang dipasang di bagian tengah. Sedangkan lampu belakang berukuran besar memastikan mobil ini tetap terlihat di malam hari. Sentuhan warna-warna nickel membuat eksterior Scion iQ menjadi lebih cantik.

Toyota Scion iQ concept Konsep desain interior adalah meleburkan fungsi, style dan hiburan. Perhatian terhadap detail dan aksen-aksen modern terlihat pada handle pintu yang bisa menyala, lampu sorot yang bisa menoleh dan logo iQ pada dashboard yang juga menyala. Door trim dan jok dibungkus dengan kain kombinasi hijau dan abu-abu. Hasilnya atmosfer interior yang segar, sekaligus sophisticated.

iQ juga dilengkapi dengan panel LCD 10 inci, diletakkan di bagian atas center cluster. Selain untuk hiburan juga melayani sistem navigasi. Dengan layar sentuh, iQ menyajikan musik, film -saat mobil di parkir-, dan aneka hiburan lain.

Seperti Toyota iQ, Scion iQ Concept mengakomodasi tiga penumpang dewasa plus satu anak-anak, atau barang atau binatang peliharaan. Sandaran kursi depan yang sangat tipis memberi ruang kaki lebih banyak untuk penumpang belakang. Kursi belakang terpisah 50:50 dan bisa dilipat rata, untuk meningkatkan utilitasnya.

Toyota Scion iQ concept Meskipun kecil, mobil ini dilengkapi dengan seabreg fitur safety seperti Vehicle Stability Control, Antilock Brake System (ABS) dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan sembilan airbag.

Scion iQ menggunakan mesin 1,3 liter, lebih besar dari versi Eropa ataupun Jepang yang menggunakan mesin 1,0 liter. Mesin empat silinder dengan teknologi VVT-I, bisa memproduksi daya maksimal 93hp dan torsi 89 lb-ft yang dialirkan ke roda depan.

Toyota iQ -yang jadi basis pengembangan Scion iQ Concept- sudah dipasarkan di Jepang dan Eropa.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: