15 Juni 2009

Toyota Persiapkan Forklift Hybrid

Toyota tidak hanya peduli dengan membuat mobil-mobil penumpang berteknologi hybrid yang hemat BBM dan lebih ramah lingkungan. Pabrikan otomotif terbesar di dunia itu juga bersiap-siap untuk meluncurkan kendaraan keperluan bisnis yang juga memakai teknologi hybrid, yakni forklift.

Dijamin forklift hybrid pertama Toyota ini akan mengalahkan kendaraan sejenis, yang rata-rata lebih banyak memakai mesin diesel. Betapa tidak, forklift hybrid Toyota tidak hanya lebih hemat BBM, tetapi juga tidak berisik. Bahkan Toyota menjamin performa dan kemampuannya mengangkat beban sebanding dengan forklift yang lain.

Geneo-Hybrid, begitulah nama yang diberikan Toyota untuk forklift terbarunya. Memakai mesin diesel 2.500 cc dengan tambahan teknologi hybrid yang memakai baterai nickel-metal hydride, maka emisi gas buang CO2 dijamin bakal berkurang hingga 50%.

“Toyota adalah pelopor dalam pengembangan teknologi hybrid, dengan produknya yang sangat terkenal, yaitu Prius. Kami pun sangat senang dan terkesan dengan penerapan teknologi ini untuk kendaraan material seperti forklift. Sungguh ini suatu lompatan besar di dunia industri,” kata Brett Wood, Presiden Toyota Material Handling.

Dalam kerjanya, Geneo-Hybrid menerapkan kombinasi antara Series Hybrid System dan Parallel Hybrid System. Untuk pengendalian memakai Series Hybrid System, sementara pengangkatan beban menggunakan Parallel Hybrid System. Kedua sistem tersebut mendapat asupan energi mekanik dari mesin diesel dan generator.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: