22 Desember 2009

Jaga Rem Xenia-Vanza Tetap Pakem

Rem Avanza atau Xenia Anda dalam? Awas, bisa nyelonong nanti! Tenang saja, jangan kuatir, bisa disetel kok! Eit, tapi bukan rem depan yang disetel lo, melainkan rem belakang yang masih memakai teromol. Soalnya tinggi rendahnya pijakan rem bergantung pada setelan rem di kedua roda belakang.

Ayo, ikuti caranya. Kendurkan empat baut roda ban belakang, angkat mobil dengan dongkrak dan ganjal pakai jack stand. Turunkan rem tangan (hand brake) supaya enak menyetelnya (Gbr.1). Soalnya kalau terkunci agak susah nih, kan teromol enggak bisa dibuka dan diputar.

Ada dua cara. Cara pertama lebih banyak langkahnya, tetapi mudah dilakukan. Buka teromol dengan bantuan baut ukuran 12 di kedua sisinya. Setelah terbuka, bisa langsung setel rem (Gbr.2). Setel roda gigi beberapa klik dengan obeng minus dan coba pasang kembali teromol.

Kemudian coba putar teromol beberapa kali dan rasakan apakah sudah sedikit seret atau masih longgar. Kalau sudah sedikit seret berarti kampas rem sudah menyentuh teromol. Tetapi jika masih longgar, copot teromol lagi dan setel kembali roda gigi seperti di atas. Jangan lupa roda sebelah disetel juga remnya, ya!

Cara lain, dengan mencopot karet di belakang dudukan teromol rem (Gbr.3). Cara ini agak ribet karena harus meraba-raba letak roda gigi yang enggak kelihatan. Karena teromol tidak perlu dibuka, ban juga tidak perlu dicopot.


Gbr 1

gbr 2

gbr 3

Gbr 4


Cukup cungkil pakai obeng minus ke dalam lubang yang tertutup karet tadi. Klik roda gigi di dalamnya beberapa kali sampai mentok tidak bisa di klik lagi (Gbr.4). Berarti kampas sudah menempel ke teromol rem. Kemudian kendurkan roda gigi sebanyak 3 sampai 5 klik supaya ada jarak antara kampas dengan teromol.

Pasang lagi sesuai dengan urutan membongkarnya, dan coba rasakan hand brake. Ketika ditarik, rem tangan biasanya butuh 3 sampai 4 klik. Setelan idealnya ada di posisi 4 sampai 7 klik. Nah, tinggal coba juga dong besutannya, jalankan dan rem mendadak. Ciitt! Sudah tinggi remnya, kan?

Sumber : Tabloid Otomotif



Related Posts


0 comments: