28 November 2017

Kenyamanan Ala New Avanza

SIAPA bilang kemacetan tak membawa berkah? Buktinya, seiring meningkatnya kepadatan lalu lintas kota besar, penjualan mobil bertransmisi otomatis mengalami peningkatan sangat drastis dibanding satu dekade lalu. Kalau dulunya transmisi otomatis seolah milik mobil mewah, saat ini bahkan pabrikan mobil kelas menengah bisa mengklaim penjualan varian transmisi otomatis mencapai 80% dari total.

Dan Avanza tak mau ketinggalan dengan Mesin Dual VVT-I nya. Mobil terlaris di Indonesia ini dinilai Toyota masih memiliki kekurangan, yakni tak adanya varian otomatis di tipe bermesin 1.300 cc (Avanza) dan 1.500cc (Veloz). Targetnya adalah konsumen yang menginginkan kenyamanan dalam menembus kemacetan lalu lintas.

Mengakali kecilnya kapasitas mesin dan dimensi besar yang diusungnya, Toyota tidak serta merta memindahkan bulat-bulat transmisi otomatis dari varian bermesin 1.500 cc. Pada tipe 1.3 A/T ini digunakan rasio gigi akhir 5,571, lebih besar dari tipe 1.5 A/T yang 5,125. Hasilnya, di tingkat kecepatan sama menghasilkan putaran mesin lebih tinggi sehingga bisa menambah torsi.

Pada saat melibas kemacetan lalu lintas, Avanza bekerja sempurna sesuai misinya. Tapi ketika diajak berjalan ke daerah pegunungan, apalagi dengan muatan penuh, Avanza matik ini mulai terasa berjuang keras. Penyaluran tenaga kurang mantap dan transmisi sering kikuk memilih posisi gigi yang tepat. Di posisi gigi tinggi, putaran mesin turun sehingga torsi tak memadai. Begitu gas diinjak lebih dalam, gigi transmisi turun posisi dan mesin langsung meraung.

Walau begitu, mengingat sebagian besar pembeli Avanza matik ditargetkan merupakan pengendara dalam kota, maka tampaknya kelemahan ini bukan menjadi kendala besar.

Our Opinion
VARIAN otomatis bagi mesin 1.300 cc dan 1.500 cc di Avanza dan Veloz adalah langkah cukup cermat dari Toyota, Selain ini adalah varian mesin terlaris, sebagian besar penggunanya juga sering berkendara di tengah kemacetan. Belilah varian matik bila Anda sering melewati kemacetan. Tapi bila sebagian besar jalan Anda lancar, transmisi manual memberi performa dan efisiensi lebih baik.

Media : Autobild, at page 69, size 1080 mmk
Journalist : Fitra Eri



Related Posts


1 comments:

Unknown mengatakan...

Dapatkan promo rental elf jogja murah dengan kualitas pelayanan dan kondisi rental mobil jogja yang baik hanya di Persada Transport & 25transwisata - rental elf jogja.