20 Maret 2008

GOA (Global Outstanding Assessment)

Di tahun 1995, setelah bertahun-tahun riset dan pengembangan, Toyota memperkenalkan Global Outstanding Assessment atau GOA sebuah standard tingkat atas dunia sebagai standard perusahaan Toyota. Sejak adanya GOA tahun demi tahun Toyota memproduksi kendaraan dengan standard keamanan yang tinggi.

Bodi mobil yang kokoh tidak selamanya membuat mobil itu aman. Jika mobil itu semata-mata kaku, mungkin mobil itu tidak akan mengalami kerusakan yang banyak ketika terjadi kecelakaan, tetapi orang yang ada di dalamnya yang akan mengalami dampak akibatnya. Sebagai contoh jika anda meletakan telur mentah di dalam kotak yang kokoh atau kuat dan anda membenturkan kotaknya dengan keras, kotaknya mungkin tidak akan mengalami kerusakan tetapi telurnya akan pecah. Tetapi jika material penyerap benturan seperti spon atau busa di taruh di dalam box, maka telurnya tidak akan pecah.

Ketika terjadi benturan, lebih penting memastikan keselamatan penumpang di dalam mobilnya di banding menyelamatkan mobilnya. Itulah prioritas Toyota. Karena itu Toyota menggunakan besi yang kuat dan keras untuk membuat kabin tidak mudah rusak bentuknya jika terjadi benturan, sehingga akan melindungi orang di dalamnya. Toyota menamakannya high rigidity cabin. Bagian depan dan belakang bodi mobil di desain sedemikian rupa sehingga rusak pertama kali untuk menyerap energi benturan atau tabrakan. Sedangkan kabin yang kokoh di design untuk mengelepaskan sisa gaya atau tenaga sehingga dapat terlepas dengan aman dan melindungi orang di dalamnya.



Gambar Crash Test Avanza


Gambar Crash Test Kijang Innova

Adapun target dari standard GOA adalah melindungi penumpang dari cedera dengan test berikut :
- Test benturan bagian depan dengan sudut pillar yang berbentuk segi empat di kecepatan 64 km/h
- Test benturan bagian depan di kecepatan 55 km/h>
- Test benturan bagian samping di kecepatan 55 km/h
- Test benturan bagian belakang di kecepatan 55 km/h



Tabel ini menggambarkan perubahan angka korban kematian dan korban luka yang mengikut sertakan 3 jenis mobil Toyota sebelum dan sesudah di perkenalkannya standard GOA

Meskipun jumlah korban yang luka tetap tidak berubah banyak tetapi perbandingan kecelakaan korban yang fatal berkurang sangat besar setelah di berlakukannya program GOA.

Dengan berbagai macam faktor yang menyebabkan kecelakaan, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa standard GOA semata-mata penyebab penurunan angka kecelakaan yang fatal. Tetapi jelas penemuan GOA dapat membesarkan harapan penurunan angka kecelakaan yang fatal ini.

Safe Driving tetap lebih penting ...... =)



Related Posts


3 comments:

Dian Wijaya mengatakan...

btw, kalo boleh tau itu crash test dari lembaga mana ya?? trus boleh tau ga link lembaga yang adakan crash test tersebut???sekalian data2nya. trims

Rini Sumasdi mengatakan...

Bapak atau Ibu Dian, itu hasil crash test innova dilakukan pihak Toyota pusat. Terima kasih kembali

sujatmoko mengatakan...

Kalau Toyota Rush diinformasikan sdh implementasi GOA (global outstanding assessment), bagaimana dengan daihatsu Terios??