20 Maret 2008

Toyota IQ Kompak dan Canggih

Toyota Motor Corp. meluncurkan Toyota iQ di pameran Mobil Geneva 2008 sekaligus mendobrak pakem 'small is basic'. Berukuran kurang dari tiga meter, namun memiliki interior fleksibel yang memungkinkan tiga orang dewasa dan satu anak-anak bisa bepergian dengan nyaman.

Nama iQ mewakili apa yang terkandung dari mobil ini. 'i' adalah 'individuality' sekaligus mengekspresikan 'innovation' dan 'intelligence'. Huruf 'Q' bermakna 'quality'.

Inti dari disain iQ adalah J-Factor. Dalam rilisnya Toyota menjelaskan J-Factor adalah aspek-aspek dari nilai-nilai asli Jepang yang menciptakan produk-produk global yang moderen dan menarik dari komponen-komponen yang secara alami kontradiktif. Contohnya, "Kecil Tapi Lapang", "High-tech tapi humanis", "emosional sekaligus fungsional".

Untuk menghasilkan kendaraan yang kecil tapi lapang itu, Toyota melakukan enam terobosan dalam bidang rekayasa.

iQ tidak terlihat ringkih, berkat penempatan roda di tiap pojok. Dengan panjang 2.985 mm, wheelbase-nya 2.000 mm. Meskipun ukurannya kecil, iQ tampil penuh percaya diri di jalanan. Bumper yang terlihat tangguh mempertegas penampilan iQ. Garis vertikal yang tegas jadi ciri utama bagian belakang iQ, sementara lampu belakang terbagi jadi tiga oleh garis-garis horisontal yang memperkuat kehadiran iQ. Roda-rodanya membungkus alloy wheel 16 inci. Dibagian depan, lampu utama dibenamkan di bonnet, sementara lampu sein ada di spion.

Konsep interiornya adalah techno-organic. Secara matematis, ahli-ahli Toyota menghitung dan menganalisis keindahan struktural benda-benda alami yang menghasilkan bentuk-bentuk geometris dengan inner beauty. Ini diperlihatkan dari center console 'floating V' yang di dominasi dashboard asimetris

Terobosan dari sisi engineering diperlukan untuk menciptakan ruang penumpang yang nyaman pada mobil dengan ukuran seperti iQ. Para perancang mobil ini melakukan inovasi lebih dari sekedar memperkecil ukuran komponen. Hasilnya luarbiasa. Selain menghasilkan penataan yang kecil tapi lapang, sekaligus bisa lolos uji tabrak Euro NCAP dengan nilai tertinggi, 5 bintang.

Inovasi yang dilakukan Toyota: differential baru menghemat ruang mesin, tangki bahan bakar pipih di bawah lantai dengan peredam kejut yang sudutnya ke belakang, AC/heater lebih kecil, dashboard asimetris membangun kesan lapang, kursi ramping ruang kaki lebih besar, dan centre take-off steering gear lebih kompak.

Kompak, canggih
Disain ekterior iQ sederhana dengan sosoknya yang lebar menghasilkan kesan kokoh, dan kuat. Dari samping, overhang (jarak dari sumbu roda ke ujung bumper) yang sangat pendek dan kabin yang maju, menghasilkan kesan dinamis sekaligus memaksimalkan pengunaan ruang di dalam kabin. Dengan alloy wheel 17 inci, overhang pendek menghasilkan kesan kuat dan lincah. Di dalamnya, panel instrumen dengan bentuk-bentuk gemotris sederhana ikut membentuk kesan terbuka pada keseluruhan interior.

Toyota iQ adalah mobil konsep empat penumpang paling kecil di dunia. Dengan panjang 2.980 mm, berarti 425 mm lebih pendek dari Toyota Aygo, tapi lebar dan tingginya sebanding dengan Yaris yaitu 1.680 x 1.480 mm. Mobil ini memiliki tiga kursi dewasa dan satu untuk anak-anak. Dalam penggunaan biasa, pengemudi dan penumpang duduk berdampingan. Dengan menggeser kursi penumpang ke depan, maka tersedia tambahan untuk satu penumpang dewasa dan anak-anak.

Disain hemat ruang seperti itu membantu menciptakan interior yang lega. Ditambah miniaturisasi teknologi seperti unit pemanas yang sangat kompak yang membutuhkan ruang jauh lebih kecil di center console. Indikator kecepatan, putaran mesin dan bahan bakar menyatu. Kontrol audio dan navigasi diletakkan di palang kemudi dan informasi rute di proyeksikan sebagai head-up display.

Panoramic glass sunroof memberi kesempatan cahaya masuk lebih banyak dan menciptakan kesan terbuka dan terang dan di malam hari lebih gelap dan misterius.

Ukurannya yang kecil tidak berkompromi dengan safety. Konstruksi kabin dibuat sangat kuat untuk menyerap energi benturan secara optimal.
Produksi dijadwalkan akhir 2008 dengan produksi tahun pertama diharapkan mencapai 100.000 unit.



Related Posts


0 comments: