27 Maret 2008

Toyota Dyna Lebih Cepat Angkut Rejeki

Q: Apakah konsep pengembangan Dyna baru?
A: Dyna baru dirancang khusus untuk kebutuhan pasar dan berbagai penggunaan di Indonesia. Model ini dibuat dengan mempertimbangkan keunggulan dalam hal : durability, performa, dan kemudahan penggunaannya.
Q: Bagaimanakah perhitungan kapasitas angkut Dyna?
A: Secara resmi (terdaftar), kapasitas angkut adalah berat kotor (GVW = Gross Vehicle Weight) kendaraan dikurangi berat kendaraan (termasuk bak/jenis karoseri lain + penumpang).
- Berat kendaraan akan sangat tergantung jenis karoserinya (bak kayu/besi, dump
truck, box, dll).
- Jadi secara resmi, daya angkut Dyna akan berbeda-beda, dan ini dapat dilihat pada tanda kir yang terdapat di masing-masing kendaraan.
Akan tetapi, secara teknis dan berdasarkan fakta di lapangan kapasitas angkut Dyna sesungguhnya jauh di atas dari kapasitas angkut resmi (hingga +/- 2 kalinya).
Q: Apa saja pengembangan Dyna baru?
A: Dyna baru sudah mengalami pengembangan-pengembangan dalam :
1. konstruksi chassis (kerangka chasis, suspensi, sistem rem, ban, dan pelek)
2. rangkaian penggerak (mesin, transmisi, dan gardan)
3. eksterior (model, daya pandang optimal, tilt cabin, dan dimensi ekterior)
4. interior (ruang kabin, desain ergonomis, dan fasilitas fungsional)
5. struktur bodi & keamanan (struktur bodi, bahan peredam, dan komponen keamanan)
Q: Apa itu ARPI ?
A: ARPI adalah sukucadang khusus yang dikembangkan oleh PT. Toyota-Astra Motor untuk memenuhi kebutuhan konsumen Dyna akan sukucadang dengan harga yang bersaing
Q: Apakah berbeda dengan TGP ?
A: Tujuan dari produk ARPI ini agar customer Dyna dapat membeli spare parts yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau. Dengan berdasarkan tujuan tersebut maka secara kualitas produk ini dibedakan dengan TGP namun tetap dengan jaminan kualitas & garansi dari PT. Toyota-Astra Motor.
Q: Apakah TAM dapat menjamin kualitas dan performa dari ARPI ?
A: TAM memberikan jaminan terhadap kualitas dan performa dari ARPI. Sebagaimana TGP, ARPI juga mendapatkan Warranty sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Q: Apa saja pengembangan struktur bodi dan keamanan Dyna baru ?
A: Dyna baru sudah mengalami pengembangan-pengembangan dalam :
a. Sturktur bodi
- struktur high rigidity body pada bagian pilar, atap dan lantai untuk keamanan pengemudi, yaitu dengan cara menyerap dan mendistribusikan energi benturan ke bagian yang aman.
- Struktur side body outer dibuat lebih rapat untuk emningkatkan daya tahan bodi terhadap air dan karat, sehingga bodi tidak cepat keropos.
b. Bahan Peredam NVH (Noise, Vibration & Harshness)
- karet penahan kabin disesuaikan untuk jenis kabin jungkit guna efektivitas peredam getaran ke ruang kabin
- bahan peredam ditempatkan pada permukaan bodi kabin yang ebrgetar untuk kenyamanan dan efektivitas pengemudian dengan meredam secara efektif semua bunyi dan getaran
c. Komponen Keamanan
- kaca depan laminated membuat Dyna aman karena kaca depan Dyna hanya retak setempat dan tidak akan pecah menjadi serpihan kecil yang membahayakan penumpang.
- Desain baru pembuka pintu menmpatkan lubang kunci menyatu dengan pembuka pintu untuk mempermudah pengemudi mengunci/membuka pintu dan menghindari pencurian truk selama di parkir atau ditinggal pengemudi.
- Side impact beam untuk keamanan pengemudi saat ada benturan dari samping
- Sabuk pengaman tipe 3P ELR x 2 (kiri dan kanan), dan 2P NR x 1 (tengah) untuk keamanan pengemudi selama berkendara.
Q: Dimana suku cadang Dyna dapat diperoleh?
A: Suku cadang asli Dyna dapat diperoleh di berbagai tempat :
1. Bengkel resmi Toyota
2. Parts shop
Q: Suku cadang Dyna apa saja yang beredar di pasaran?
A: Dalam rangka menunjang program harga suku cadang Dyna agar harga yang diterima oleh pelanggan dapat menjadi lebih kompetitif, maka TAM mengeluarkan dua produk khusus Dyna yaitu Toyota Genuine Parts (TGP) dan ARPI.
a. Produk TGP ditujukan untuk menggantikan kerusakan yang terjadi pada bagian mesin, transmisi, dan differential dimana frekuensi kerusakannya tidak terlalu sering.
b. Produk ARPI dibuat untuk tujuan efisiensi biaya dengan tetap mengutamakan kualitas. Jenis produk ARPI adalah untuk parts yang mempunyai tingkat penggantian yang sering pada kendaraan komersial (Dyna), seperti produk perawatan berkala ataupun produk fast moving. Contoh : kopling, rem, saringan udara, saringan oli.
Q: Apa saja program harga sukucadang Toyota (Dyna)?
A: Ada beberapa program harga yang berkaitan dengan suku cadang Dyna :
a. Program harga yang berkaitan dengan TGP adalah TAM menurunkan harga TGP untuk komponen mesin (gasket, ring piston, piston, connecting rod, connecting rod bearing, crankshaft, valve, injection pump) dan transmisi pemindah gaya (gear, input shaft, spider, rear axle shaft); pengembangan disassy suku cadang Dyna agar komponen yang dijual dalam bentuk lebih terurai ini dapat menekan harga. Komponen disassy yang dijual antara lain : hub, cup kit, dan pin kit.
b. Program harga yang berkaitan dengan peluncuran produk ARPI adalah untuk komponen fast moving, dimana harga yang dijual diposisikan sama dengan harga komponen non-genuine Colt Diesel.
Q: Apakah ada warranty untuk sukucadang Toyota (Dyna)?
A: Untuk setiap sukucadang Toyota (Dyna) TAM memberikan jaminan untuk mengganti kerusakan produk atau cacat bahan yang terjadi selama masa jaminan yang telah ditentukan yaitu 1 tahun atau 20.000 km dengan tidak membebankan biaya perbaikan dan penggantian parts yang rusak. Ketentuan Umum sukucadang yang dijamin adalah yang berasal dari SPD TAM:
1. Accessories asli Toyota, dibeli dan dipasang di bengkel resmi Toyota
2. Toyota Genuine Parts (TGP) dan produk ARPI yang dibeli dan dipasang di bengkel resmi Toyota
3. TGP dan produk ARPI yang dibeli di parts counter resmi dan dipasang di bengkel resmi Toyota
Jangka waktu jaminan adalah 1 tahun atau 20.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu, sejak tanggal penggantian di bengkel resmi Toyota.
Q: Apakah ada program khusus untuk penyediaan suku cadang Dyna?
A: Kelangkaan suku cadang Dyna diantisipasi dengan melakukan ekspansi jaringan penjualan dengan melakukan :
1. Pengembangan jumlah outlet dengan target 8 depo, 100 dealer, sekitar 500 buah toko di daerah dengan potensi truk yang tinggi, di seluruh Indonesia dengan target area toko besar, toko kecil dan juga pompa bensin.
2. Penempatan sejumlah item stok parts di tiap outlet untuk item-item vital parts dan fast moving parts dengan jumlah yang disesuaikan dengan standard stok TAM.
Q: Bagaimana pelanggan dapat mengenali produk ARPI? Seperti apa penampakannya?
A: Sukucadang ARPI dikemas dalam tiga jenis kemasan, untuk sukucadang yang berat dikemas dalam box berwarna coklat, sukucadang yang ringan dikemas dalam box berwarna putih, dan beberapa item dikemas dalam plastik transparan.
Q: Apakah ciri-ciri toko yang menjual suku cadang Dyna?
A:TAM menempatkan beberapa tanda khusus seperti spanduk, signboard, bendera, leaflet dan lain-lain di setiap toko yang menjual produk ARPI.

Dyna Baru mengalami banyak evolusi dalam hal perfoma maupun desain. Dalam hal performa, di antaranya adalah adalah mesin W04D-TN (130 PS) dan W04D-TM (110 PS) dengan Turbo Intercooler yang sesuai regulasi EURO II, konsumsi BBM lebih hemat, Power yang lebih besar, peningkatan akselerasi berkendara, serta lebih ramah lingkungan. Sementara dari segi desain dan kenyamanan, Dyna Baru mendapatkan bumper, emblem dan beltline baru, reclining seat adjuster untuk pengemudi, kaca spion yang ergonomis, posisi radiator lebih tinggi, dan lain-lain.

Selain itu, Dyna Baru juga didukung oleh kemudahan pembelian (adanya test-drive unit, prosedur pembelian dan finansial yang sederhana dan cepat), kemudahan servis serta layanan purna jual suku cadang. TAM menyediakan jaringan layanan purna jual yang disebut Pusat Layanan Dyna yang tersebar di seluruh Indonesia, melayani penjualan, servis dan suku cadang, serta dilengkapi pula dengan 26 fasilitas Mobile Outlet Dyna. Untuk penyediaan suku cadang, selain terdapat TGP (Toyota Genuine Parts), juga ada suku cadang ARPI yang harganya terjangkau, sehingga memungkinkan para pebisnis pengguna Dyna untuk meraih keuntungan secara kontinyu.

Toyota Dyna juga menyediakan HotLine yaitu 0.800.1000.777 (bebas pulsa).

Dyna Baru memberikan 3 pilihan warna (merah, biru, dan putih) dan dalam 4 tipe, yaitu HT, LT, ET dan ST, masing-masing memiliki kegunaan yg berbeda sesuai dengan kebutuhan konsumennya, yaitu :
  • DYNA 130 HT untuk perkebunan atau pertambangan karena berdaya muat besar dan kuat sehingga tepat untuk angkutan berat atau heavy duty
  • DYNA 130 LT menjadi angkutan distribusi dan kargo luar kota, karena memiliki daya muat besar dan cocok bagi kegunaan yang mengandalkan kecepatan dan efisiensi BBM
  • DYNA 110 ET sebagai alat angkutan kargo dalam kota, karena ekonomis dengan daya muat sedang
  • DYNA 110 ST untuk digunakan sebagai minibus atau transportasi perkotaan, karena tipe ini hemat bahan bakar, ekonomis, dengan daya muat sedang
Jangan ragu menjadikan Toyota Dyna kendaraan niaga anda, pasti bisnis anda makin untung, jangan ragu hubungin Rini sekarang juga ^^v



Related Posts


1 comments:

asuy mengatakan...

apa yang paling menonjol dari dyna dibanding colt diesel?