09 Oktober 2008

Harga Baja Naik, Toyota Pusing

TOKYO, KAMIS – Toyota Motor Corporation (TMC), saat ini tidak hanya dipusingkan oleh penjualan unit yang turun cukup besar di Amerika Serikat sampai 30% pada September lalu. Masalah lain yang sudah terjadi sejak tahun lalu adalah kenaikkan harga baja. Seperti yang diberitakan kantor berita Jiji Press, Jepang, direktur senior perusahaan mobil nomor satu dunia itu, Atsushi Niimi mengatakan bahwa Toyota tidak bisa lagi menerima kenaikkan harga baja.

Negosiasi yang dilakukan tahun lalu dengan produsen baja Jepang, Toyota masih mau menerima kenaikkan harga sekitar 30%. Akibatnya, biaya produksi mobil Toyota juga naik 50.000 yen atau Rp 5 juta/unit. “Inilah batas terakhir kemampuan perusahaan,” tegas Atsumi.

Dengan situasi seperti sekarang, Toyota diperkirakan akan menghadap kesulitan besar karena berbagai harga material makin mahal. TMC berharap dapat melakukan kerjasama dengan produsen baja untuk menurunkan biaya produksi dan memastikan harga stabil.

Niimi mengatakan, Toyota berharap produsen baja Jepang memastikan pasokan yang stabil. Perusahaan tetap membeli baja dari perusahaan Jepang yang menggunakan teknologi canggih, di samping membeli langsung dari perusahaan baja Brasil, Rusia, India dan China.

Sumber : Kompas



Related Posts


0 comments: