Toyota meluncurkan Urban Cruiser 1.4 D-4D all-wheel drive pada gelaran Paris Motor Show 2008, menyusul preview desainnya yang ditampilkan pada event Geneva Motor Show awal tahun ini. Urban Cruiser - sesuai namanya - didesain khusus oleh Toyota untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan yang representatif di daerah perkotaan. Namun, mobil ini sekaligus mampu melahap medan off-road.
Desainnya yang compact membuatnya mudah dikendarai serta mudah parkir di dalam kota. Tak ketinggalan, aplikasi teknologi canggih Toyota yang menghasilkan kadar emisi karbon mobil ini sangat rendah. Ini memang merupakan salah satu syarat penting untuk sebuah kendaraan daerah urban saat ini. “Dengan kadar emisi terendah di kelasnya, Urban Cruiser menawarkan solusi ideal bagi permintaan konsumen akan kendaraan yang fleksibel dan memiliki tanggung jawab sosial,” tutur Kosuke Shibahara, Chief Engineer Urban Cruiser.
Desain Interior
Toyota menyingkap selubung desain interior untuk pertama kailinya di Paris Motor Show. Konsep desain interior yang baru ini dikerjakan ED2, Studio desain Toyota yang bermarkas di Selatan Perancis. Elemen kunci desain interior mobil ini adalah bentuk konsol instrumen yang menyerupai indikator radar. Model lingkaran besar ditempatkan di tengah, tepat di depan pengemudi. Fitur ini menampilkan jarum indikator speedometer dan tachometer di dalam lingkaran yang sama.
Kombinasi 2in1 yang minimalis ini menjadikan instrumen lain seperti lampu indikator perpindahan persneling dan monitor indikator berkendara menjadi mudah dilihat. Kokpit Urban Cruiser didesain sporty dan ditambahkan aksen warna silver yang diteruskan ke desain jok. Perhatian Toyota terhadap detail desain interior terlihat pada seluruh bagian kabin, terutama pada pemilihan bahan yang berkualitas untuk kursi dan door trim.Walaupun Urban Cruiser memiliki desain compact, panjang 3,930mm dan lebar 1,725mm, namun tersedia ruang kabin yang lapang bagi lima orang penumpang berikut ruang bagasi.
Jarak antara kursi depan dan belakang juga membuat ruang kaki lebih lebar untuk penumpang belakang. Wheelbase yang panjangnya 2,460 mm, dikombinasi overhang yang pendek, membuat ruang interior dapat dimaksimalkan. Kapasitas bagasi yang 314 liter, tercatat sebagai yang terbesar di kelasnya. Bahkan volume bagasi ini dapat ditambah menjadi 749 liter dengan melipat bangku belakang.
Urban Cruiser memiliki tampilan yang keras dan maskulin, tapi berukuran compact dan memiliki semua kepraktisan yang ada pada sedan lima pintu. Dengan tinggi 1,540 mm,mobil ini memiliki hip-point yang tinggi pula sehingga menimbulkan sensasi commanding-driving. Kursi belakang dapat dilipat secara terpisah dengan komposisi 60:40.
Versi 2WD Urban Cruiser dilengkapi sistem Easy Flat seating dengan mekanisme geser, recline dan lipat yang mudah. Sistem ini juga diterapkan pada Toyota RAV4. Sedangkan pada versi AWD, dilengkapi fitur kursi belakang yang bisa diset (reclining) lengkap dengan fitur double fold-down.Bagian haluan menampilkan grille atas yang besar. Lantas, dipadu underguard berwarna hitam sehingga menambah kesan penampilan yang garang dan sporty. Sedangkan bentuk unit lampu depan yang melebar ke samping menekankan style yang individual dan dinamis.
Desain Eksterior
Ukuran bodi yang pendek dan track yang lebar (1,485 mm depan, 1,490 mm belakang) memberikan tarikan penampilan yang keras. Apalagi, Toyota mengaplikasi velg 16 inch. Kekuatan dan keamanan diekspresikan lebih lanjut pada garis karakter yang tegas di sepanjang bodi serta style wheel-arch yang tegas.
Di sektor buritan, tersaji bentuk profil bodi yang rendah dan lebar. Profil kaca belakang juga lebar dan melingkar hingga ke sisi kanan-kiri. Kluster lampu belakang yang besar dan spoiler yang aerodinamis melengkapi daya pikat desain sektor buritan mobil ini. Filosofi Toyota yang baru, ”Toyota Optimal Drive” telah diperkenalkan pada Urban Cruiser. Fokusnya adalah meminimalkan dampak pada lingkungan dan secara bersamaan memaksimalkan kenyamanan berkendara melalui cara meningkatkan torsi dan tenaga.
Sistem Penggerak Urban Cruiser yang telah menerima aplikasi filsofi Optimal Drive ini, diluncurkan dengan dua pilihan mesin yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Masing-masing mesin diesel 1,4 liter D4-D dan mesin bensin 1.3 liter Dual VVT-i yang dilengkapi sistem stop-start. Kedua opsi ini menggunakan transmisi manual 6-speed untuk memberikan kenyamanan berkendara dan penghematan bahan bakar.
Mesin diesel 1.4L D4-D yang berkode 1ND-TV, dilengkapi Diesel Particulate Filter (DPF) dan juga sistem all wheel-drive (AWD) sebagai fitur standarnya. Mesin ini menghasilkan tenaga 90 hp dengan torsi maksimum 205 Nm yang dicapai antara 1.800 - 2.800 rpm. Kadar emisi CO2-nya tercatat 133 gram/km, merupakan yang terendah di seluruh dunia untuk kelas tipe mesin ini.
Pilihan mesin bensin 1.3 Dual VVT-i yang dilengkapi sistem penggerak 2WD juga tersedia. Sistem Dual VVT-i ini membantu mencapai keseimbangan yang optimal antara tenaga dan torsi dengan efisiensi bahan bakar sempurna. Mesin ini memiliki desain small bore/long stroke dengan blok yang ramping untuk membantu mengurangi ruang dan beban. Pistonnya sendiri memiliki area kontak yang kecil sehingga gesekan dapat diminimalisasi. Mesin ini juga memiliki rasio kompresi paling tinggi di antara mobil yang menggunakan bensin dengan RON 95. Output tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 100 hp dengan torsi maksimum 132 Nm pada 3.800 rpm. Kadar emisi CO2-nya tercatat sebesar 130 gram/km.
Urban Cruiser menandai pula diperkenalkannya sistem start-stop dari Toyota dan menjadi fitur standar pada model dengan mesin 1.33L Dual VVT-i. Fitur ini menunjang efisiensi bahan bakar dan pengurangan emisi gas buang dengan mematikan mesin saat kendaraan berhenti atau ketika posisi persneling netral. Bahkan juga saat pengendara mengangkat kaki dari pedal kopling (saat berhenti).
Mesin kembali menyala secara otomatis ketika pengemudi menginjak pedal kopling dan memasukkan persneling ke gear 1.Semua kegiatan start-stop dilakukan secara cepat dan tanpa delay dari sistem transmisi. Lebih penting lagi, tanpa suara sehingga tidak terdengar oleh pengendara dan penumpang.
Sistem transmisi manual 6 percepatan yang digunakan, juga baru dikembangkan Toyota. Sistem ini menunjang keseimbangan antara output tenaga dan efisiensi bahan bakar dengan memberikan proses pemindahan gigi yang halus dan memuaskan. Toyota juga mengaplikasi sistem Active Torque Control AWD, sama dengan yang digunakan Toyota RAV4. Sistem ini mengoptimalkan traksi dan efisiensi bahan bakar dengan cara mengatur distribusi torsi ke roda belakang.
Pada pengendaraan normal, torsi di distribusikan seluruhnya ke roda depan. Tapi pada kondisi jalan yang licin atau rusak, sistem ini secara otomatis mendistribusikan tenaga ke roda belakang untuk menambah stabilitas mobil.
Sistem suspensi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang, memberikan performa handling yang dinamis dengan tingkat kenyamanan berkendara yang tinggi. Sistem suspensi ini telah disetting secara spesifik untuk menyesuaikan kondisi jalan di Eropa. Uji cobanya secara ekstensif di lakukan di jalan-jalan perkotaan dan pegunungan Eropa.
Fitur Keselamatan
Urban Cruiser dilengkapi teknologi keamanan berkendara, baik aktif maupun pasif yang komprehensif dan sulit disaingi di segmen mini-SUV. Struktur bodi Urban Cruiser memiliki distribusi daya serap energi benturan yang sempurna. Baik benturan dari depan, belakang dan samping. Hal ini dimungkinkan karena adanya teknologi Minimal Intrusion Cabin System dari Toyota. Konstruksi bonnet dan bumper juga memiliki struktur yang dapat menyerap energi benturan, membantu proteksi bagi pejalan kaki dengan mengurangi impact force sebesar mungkin.
Ada tujuh unit airbag yang tersebar di dalam kabin, termasuk curtain shield serta knee airbag di sisi pengemudi. Ditambah lagi dengan pemasangan headrest aktif yang dapat mengurangi risiko cedera leher (whiplash). Sedangkan fitur keamanan aktif yang terpasang sebagai standar antara lain,ABS dengan brake assist, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) serta Traction Control (TRC).
Sementara untuk fitur pelengkap, tersedia pengatur temperatur (AC/Heater), vellg alloy 16 inch, privacy glass di belakang, smart entry & push button start, spion tengah dengan fitur auto-dimming, serta spion samping yang dapat dilipat secara elektrik. Urban Cruiser juga memanjakan penumpang dengan sound system 6-speaker serta control radio pada lingkar kemudi.
Sumber : Smartdrive
09 Oktober 2008
Toyota Urban Cruiser
Labels: Mobil Toyota Lainnya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar