28 Februari 2009

Kelak, Mobil dari Ganggang Laut

Di masa depan, disain mobil akan terintegrasi dengan gaya hidup global, tradisi seni Jepang dan budayanya, fantasi dan alam. Itu impian Tetsuya Kaida, creator dan manager dari "Business Revolution Corporate Value Project" di Toyota Motor Corp.

"Di masa depan, saya yakin kita akan mendapat akses ke bahan baku yang lebih baru dan lebih baik dari saat ini, seperti yang terbuat dari tanaman, dan sesungguhnya saya ingin menciptakan mobil dari ganggang laut karena Jepang dikelilingi lautan. Ini impian saya," kata Tetsuya Kaida.

Hal itu diungkapkan di Melbourne International Motor Show saat berdiskusi tentang peluang mobil konsep Toyota 1/X menggunakan material dari tumbuhan. Mobil konsep Toyota 1/X punya sosok seperti Prius, sangat ringan dengan mesin 500 cc dan baterai lithium-ion. Prediksi Kaida, mobil dengan material ganggang laut mungkin sudah berada di showroom dalam 15 tahun ke depan.

Menurut Kaida, filosofi pengembangan mobil konsep 1/X dan mobil konsep Toyota yang terinspirasi dari alam lainnya adalah 'bunsoo'. "Lihat mobil-mobil di jalanan itu. Mereka terlihat arogan, mau menang sendiri dan rebut. Kami ingin mobil-mobil itu berada dalam harmoni dengan lingkungan dan manusia," katanya. "Ini adalah the Way of Car, lebih seperti upacara minum teh atau menata bunga."

Berat mobil konsep Toyota 1/X plug-in hybrid hanya 418 kg sekitar separuh atau sepertiga berat mobil seukurannya. Karena bobotnya yang sangat ringan, mesinnya juga tidak perlu besar, dengan demikian konsumsi bahan bakarnya juga jauh lebih sedikit dari mobil konvensional. Demikian pula emisi karbon dioksidanya.

Dan bila mobil ini akhirnya menggunakan ganggang laut yang diolah menjadi bioplastik, maka 1/X menjadi lebih ramah lingkungan lagi. Dibandingkan plastic konvensional, emisi CO2 saat di produksi sekitar 60% lebih kecil dan konsumsi energinya 30% lebih sedikit.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: