07 Maret 2009

Pre-Crash System Paling Canggih

Saking canggihnya, tidak banyak merek yang menawarkan teknologi Pre-Crash system di mobilnya. Ini teknologi cerdas, bisa mengambil inisiatif untuk menghindarkan kecelakaan. Jika kecelakaan tak terhindarkan, Pre-Crash safety mempersiapkan penumpang agar mendapat perlindungan maksimal dari cidera.

Pre-Crash system mengendalikan banyak hal seperti pengereman, pengatur sandaran kursi, hingga sabuk pengaman. Dibutuhkan sistem computer cerdas yang mengolah data dari banyak sekali sensor dan radar. Saat ini, model yang yang dilengkapi teknologi ini bisa dihitung dengan jari tangan.

Sejauh ini, Pre-Crash Safety hanya mempersiapkan mobil menghadapi tabrakan frontal dari depan. Perlindungan maksimal juga hanya penumpang depan. Toyota melangkah lebih jauh. Untuk pertama kalinya di dunia, Toyota melengkapi Pre-Crash Safety dengan sistem radar yang bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya benturan dari samping. Toyota juga menyiapkan penumpang belakang terhadap kemungkinan benturan dari depan maupun belakang, jadi bukan penumpang depan saja.

Toyota mengembangkan sistem radar yang bisa mendeteksi mobil lain yang mendekat dari samping karena sejumlah riset menunjukkan tabrakan dari samping merupakan penyebab tertinggi kematian atau cidera parah. Toyota menyebut teknologi ini dengan nama Front-side Pre-crash Safety System.

Toyota menggunakan radar dengan pajang gelombang millimeter yang diproyeksikan dari sisi mobil secara diagonal. Bila sistem radar menangkap mobil mendekat dari samping dan sistem memperkirakan bakal terjadi benturan, semua fungsi penyelamat di aktifkan untuk memperingatkan pengemudi. Juga mengurangi tingkat kerusakan dan kemungkinan cidera penumpangnya. Salah satu caranya adalah mempersiapkan sistem pengereman sehingga dengan sentuhan ringan, daya rem yang besar mencengkram roda.

Pada saat yang sama, untuk melindungi penumpang belakang, sistem mendeteksi sudut kemiringan sandaran kursi belakang. Sistem baru Toyota, yang disebut Pre-Crash Seatbacks secara otomatis menegakkan sandaran yang miring. Yaitu posisi dimana sabuk pengaman dan airbag bisa memberikan perlindungan maksimal.

Pada kasus sistem mendeteksi bakal ada benturan dari belakang, Pre-Crash Intelligent Headrests, disiapkan pada posisi terbaik untuk mengurangi resiko cidera akibat sentakan. Sistem ini akan dipakai di model baru Toyota yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

Sumber : Toyota Indonesia





Related Posts


0 comments: