20 April 2009

Lomba Desain Yaris Bagi Mahasiswa & Jurnalis

PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menggelar TOYOTA DESIGN COMPETITION 2009. Tema yang diambil kali ini adalah "Yaris in Your Imagination".

Peserta dibagi menjadi 2 kelas, yaitu mahasiswa dan jurnalis. Bagi mahasiswa mewakili perorangan, baik pria maupun wanita dengan usia maksimal 24 tahun. Peserta terdaftar di Perguruan Tinggi yang dapat dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) serta merupakan Warga Negara Indonesia.

Untuk jurnalis, peserta adalah karyawan media cetak, elektronik maupun website, perorangan, baik pria maupun wanita. Semua elemen media boleh mengikuti lomba, kecuali Pimpinan Redaksi ke atas. Peserta pun terdaftar sebagai karyawan media di Indonesia, dibuktikan dengan Kartu Pers/Kartu Karyawan, serta harus Warga Negara Indonesia.

Lomba desain Yaris dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama berupa pengiriman karya desain, yang berbentuk Konsep Desain, Sketsa Ide, Rendering. Tahap kedua TAM akan menyeleksi 5 orang yang lolos, dan diwajibkan untuk membuat skala model 1:10 sesuai desain masing-masing finalis yang lolos.

Para peserta wajib membuat desain eksterior Toyota Yaris secara bebas sesuai tema yang diusung oleh masing-masing peserta. Basic design yang diambil adalah Toyota New Yaris. Ciri khas Toyota Yaris tidak boleh diubah. Di antaranya:

1. Posisi dan proporsi Logo Toyota, baik di depan maupun di belakang
2. Posisi mesin dan penggerak roda
3. Layout dan jumlah tempat duduk
4. Panjang wheelbase (2.460 mm)
5. Jarak pijak (wheel tread) depan (1.470 mm)
6. Jarak pijak (wheel tread) belakang (1.460 mm)
7. Bagian-bagian dari mobil yang tidak disebutkan di atas, bebas diolah desainnya sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta.

Mengingat lomba desain ini murni sebagai bentuk kreatifitas, maka hasil karya bersangkutan adalah orisinal bukan hasil meniru dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba lainnya, baik di Indonesia maupun Internasional.

PT TAM menyediakan hadiah yang sangat menarik untuk kompetisi ini. Di Kelas Mahasiswa tersedia Notebook Sony VAIO FW Series + Piagam + Magang di PT. Toyota Astra Motor selama 6 bulan, serta Kamera DSLR Sony Alpha + Piagam dan Handphone Blackberry + Piagam. Untuk Kelas Jurnalis tersedia pula Notebook Sony VAIO FW Series + Piagam, serta Kamera DSLR Sony Alpha + Piagam dan Handphone Blackberry + Piagam.

Para pemenang akan diumumkan pada acara Indonesian International Motor Show 2009 yang akan dilaksanakan pada 24 Juli - 2 Agustus 2009. Bagi yang berminat dapat mengirimkan hasil karya desainnya ke:
PT. Toyota-Astra Motor
Marketing Planning & CR Division
Head Office, 2nd Floor
Jalan Yos Sudarso, Sunter II,
Jakarta Utara 14330
u.p. Donny Adhi Yuwono

Ketentuan lomba dan formulir pendaftarannya dapat diunduh di bawah ini:

  1. Ketentuan lomba (61 kb)
  2. Formulir pendaftaran untuk mahasiswa (30 kb)
  3. Formulir pendaftaran untuk jurnalis (30 kb).



Related Posts


0 comments: