25 Mei 2009

Harga Camry Hybrid Tidak Mahal-mahal Amat

Harga Toyota Camry Hybrid yang akan dirakit di Thailand selisihnya tidak lebih dari 100.000 baht dibandingkan Camry bensin yang ada sekarang. Ini karena ada potongan bea masuk untuk sejumlah komponen. Saat ini harga Camry 2,4 liter bensin di Thailand mulai 1,749 juta baht.

Hal itu diungkapkan Mitsuhiro Sonoda, president Toyota Motor Thailand, saat mengenalkan Camry Hybrid yang akan diproduksi di pabrik Gateway, di Chachoengsao. Pabrik ini di-retooling (penggantian alat-alat produksi) dengan investasi 350 juta Baht.

Komponen-komponen utama seperti baterai Li-ion dan motor listrik mendapat potongan bea masuk berdasarkan perjanjian perdagangan bebas Japan-Thailand. Camry Hybrid akan diluncurkan secara resmi Juli mendatang. Pajak yang dikenakan juga hanya 10% dibandingkan 35% pada mobil konvensional. Ini menyiratkan dukungan pemerintah terhadap teknologi ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Karena teknologinya terbilang baru di Thailang, Toyota memberi garansi hingga lima tahun atau 150.000 km. Camry hybrid juga kompatibel dengan E10 (kombinasi 10% ethanol dengan 90% bensin). Hasilnya, efisiensi Camry Hybrid 30% lebih baik dari Camry konvensional.

Toyota berharap bisa menjual 900-1.000 unit Camry hybrid per bulan di Thailand.

Toyota juga akan memproduksi Toyota Camry Hybrid di Australia dan menjadi produsen otomotif pertama di sana yang memproduksi hybrid. Seperti di Thailand, Pemerintah Australia juga memberi dukungan yang luarbiasa agar Toyota memproduksi Camry di sana.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: