30 Juni 2009

Rasakan Suspensinya

Corolla Altls 2.0V Generasi kesepuluh dengan mesin yang iebih besar dan beberapa fitur tambahan.

MESKI TOYOTA menguasai lebih dari 35% pasar sedan di Indonesia, toh, sedan bukan lagi mobil yang paling dicari kebanyakan konsumen. Dalam beberapa tahun belakangan, pasar sedan menurun. Di pihak lain, MPV dan SUV dengan banderol ekonomis dan bisa memuat lebih banyak penumpang, telah menjadi pilihan utama.

Tetapi, Toyota tetap optimis karena memiliki sedan termahsyur, Corolla. Inilah salah satu mobil terlaris di dunia yang populasinya melebihi Volkswagen Beetle. Dari sebuah konsep sederhana 'A Car for Everyone Everywhere', kini dalam kurun waktu Iebih dari empat dekade, Corolla membukukan rekor penjualan Iebih dari 32 juta unit di seluruh dunia. Fantastis.

Dan dipastikan angka itu belum akan berhenti. Karena kami memiliki Corolla Altis beramunisi mesin baru 3 ZR-FE, 2.000 cc, dual VVT-i, yang Iebih berotot dari mesin 1ZZ-FE, 1.800 cc, VVT-i, yang masih dipasarkan. Dapur pacu baru ini melambungkan tenaga sebanyak 9 hp dan torsi 21 Nm dari model yang telah ada. Konsumsi bahan bakar mesin baru cukup ekonomis, tercatat 10,4 kpl (kombinasi).

Kita juga mendapatkan fitur-fitur tambahan berupa paddle-shift, grille berbingkai chrome, 3-spoke steering wheel, serta jok kulit Paddle-shift? Betul, tapi entahlah berapa banyak pemilik mobil yang gandrung memainkan paddle-shift selama ini. Toyota juga menyediakan paket aero kits dan sistem navigasi. JikaAnda menginginkan aero kits (spoiler bumper depan dan belakang, side visor, side skirt), siapkan dana sekitar Rp 8 juta. Tersedia pula rear spoiler (Rp 1,5 juta) dan side visor (Rp 630 ribu) jika Anda tak puas dengan penampilan Corolla yang kami uji.

Opsional lainnya adalah sistem navigasi satelit seharga Rp 8 jutaan di mana telah terintegrasi dengan perangkat audio. Petanya cukup lengkap meliputi Jawa, Bali, dan Sumatera, plus 95 ribuan points of interest Namun, di tengah perjalanan beberapa kali kami menemukankesalahan: nama/kode pos jalan atau daerah, serta pengulangan komando meski kami telah meninggalkan lokasi yang dimaksud beberapa ratus meter.

Generasi kesepuluh Corolla tampil semakin dewasa. Mungkin karena semakin dewasa, desain eksteriornya terkesan tidak rumit, dan bahkan itu berlanjut ke interior, tidak seperti kompetitor terdekatnya, Honda Civic, yang Iebih fiituristik Bagi merekayang mencintai ketidakrumitan, it's ok. Bagi mereka yang tidak suka, mari kita tunggu model yang Iebih menggairahkan.

Kabin dapat memuat 4-5 penumpang dengan baik (Iebih baik jika 4 penumpang). Kaki-kaki penumpang mendapat ruang yang cukup untukbersantai. Sayangnya, kami tidak menemukan ventilasi AC untuk penumpang belakang dan electric seat penumpang depan. Seharusnya dua item itu tersedia.

Dengan suspensi lembut, Corolla siap memanjakan Anda di jalan bebas hambatan dan di tengah kota. Permukaan jalan yang rusak atau tutup lubang, tidak akan membuat takut Corolla, meski beberapa kedalaman dan tonjolan sempat sedikit mengubah karakter peredaman. Secara keseluruhan, pengendaraan Corolla memuaskan. Steering-nya cukup padat. Saat menikung tajam pada kecepatan menengah, secara mengejutkan, minus body roll.

Corolla 2.0V ditawarkan hanya dengan satu pilihan transmisi, otomatis 4-speed. Perpindahan gear-nya terasa lembut Saat menggunakan paddle-shift perpindah-annya instan, sementara ada beberapa mobil lain ber-paddle-shift yang tidak demikian.

Corolla 2.0V memiliki jumlah airbag yang sama dengan dua tipe di bawahnya, yakni dua airbag di depan. Rem pun masih sama, dilengkapi ABS, EBD plus BA.

Terlepas dari beberapa keunggulan dan kritikan, Corolla tetaplah Corolla. Saloon yang memiliki citra tinggi sehingga resale value-nya kuat Mobil yang akan terus melenggang...

KEUNGGULAN
- Performa lebih kuat
- Pengendaraan lembut
- Tidak boros
- Resale value kuat

KEKURANGAN
- Sistem navigasi belum sempurna
- Tidak ada ventilasi AC belakang
- Minus jok elektrik untuk penumpang depan
- Desain kurang menggairahkan

Sumber : AutoCar, Jumat, 12 Juni 2009



Related Posts


0 comments: