30 Juni 2009

Teknologi Kekuatan Otak Gerakkan Kursi Roda

Siapa sangka di masa depan kita dapat menggunakan pikiran atau otak kita untuk menggerakkan alat-alat transportasi dan berbagai jenis perangkat lainnya.

Hal ini dapat mungkin terjadi, kali ini Toyota telah membuat lompatan jauh kedepan dalam pengembangan teknologi kontrol. Toyota berhasil mengembangkan cara mengendalikan kursi roda dengan gelombang otak.

Penggunanya tidak perlu menggerakkan satu ototpun atau meneriakkan perintah. Sistem menggerakkan benda dengan menggunakan gelombang otak ini di sebut Brain Machine Interface (BMI).


Kelebihan sistem yang dikembangkan Toyota kali ini merupakan sistem yang tercepat di dunia dalam hal menganalisa gelombang otak. Sistem yang ada selama ini butuh waktu beberapa detik untuk membaca dan menganalisa gelombang otak. Teknologi Toyota hanya membutuhkan 125 milidetik. 1 mili detik sama dengan seperseribu detik. Artinya dengan kecepatan seperti itu, pengguna tidak merasakan delay antara yang diinginkan dengan respon kursi roda.

Pengguna kursi roda menggunakan tutup kepala yang dilengkapi elektroda untuk membaca gelombang otak yang diteruskan ke brain scan electroencephalograph atau EEG, yang diterjemahkan menjadi gerakan oleh kursi roda listrik.

Sistem ini memungkinkan penggunanya bergerak ke kiri atau kekanan dan maju nyaris seketika. Namun untuk berhenti, tidak bisa sekedar memikirkannya. Pengguna harus menggelembungkan pipinya yang akan diterjemahkan detektor yang ada di wajahnya sebagai tanda berhenti. Rencananya Toyota belum akan memproduksi secara massal, karena masih akan terus dikembangkan agar menjadi lebih sempurna.



Related Posts


2 comments:

RatuMedika mengatakan...

just share info aja , kami dari RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual alat kesehatan, seperti kursi roda, ranjang pasien, tabung oksigen dan alat kesehatan lainnya, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: www.ratumedika.com/kursi-roda.html Thanks all…

RatuMedika mengatakan...

Kami menyediakan Jasa Isi Oksigen dan Jual Tabung Oksigen open our website: http://www.tabungoksigen.com atau http://www.isioksigen.com