13 Mei 2009

Toyota All New Corolla Altis 2.0 Dual VVT-i

All new Corolla Altis 2.0V hadir di tengah-tengah kita yang merupakan titik awal kesempurnaan generasi Corolla terkini. Spesifikasi yang di tawarkan Toyota kali ini juga lebih sempurna di banding tipe Corolla di bawahnya.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik utama All New Corolla Altis 2.0V ini adalah mesin 2000cc berteknologi dual VVT-i yang memiliki kode mesin 3ZR-FE.

Mesin Baru 2000cc Dual VVT-i
Apakah keistimewaan mesin 3ZR-FE All New Corolla Altis 2.0V?
Selain kapasitasnya yang lebih besar daripada mesin 1ZZ-FE 1800cc, mesin 3ZR-FE telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Konfigurasi langkah piston yang lebih besar daripada diameter piston memungkinkan 3ZR-FE menghasilkan torsi besar pada rpm rendah. Dengan tersedianya torsi besar sejak rpm rendah, artinya pada kondisi pengendaraan sehari-hari dimana pengemudi seringkali membutuhkan akselerasi mendadak, baik dari keadaan berhenti, atau ketika ingin mendahului kendaraan lain, mesin 3ZR-FE tersebut dapat menyajikan tenaga instan tanpa harus menunggu putaran mesin meningkat ke rpm tinggi atau sering menurunkan gigi.

Spesifikasi Mesin Toyota Corolla Altis 2.0 Dual VVT-i 3ZR-FE
Kapasitas : 1987cc
Diameter x langkah : 80,5mm x 97,6mm
Rasio Kompresi : 10:1
Teknologi Pendukung : Dual VVT-i dan ETCS-i
Jenis BBM yang Disarankan : Bensin RON 97 (Pertamax)
Tenaga Maksimum : 153ps / 5600rpm
Torsi Maksimum : 21,3kgm / 4400rpm

Apakah perbedaan teknologi Dual VVT-i dengan VVT- biasa?
Jika VVT-i hanya mengubah waktu buka-tutup katup hisap (intake), maka Dual VVT-i dapat mengubah waktu buka tutup katup hisap dan buang (intake dan exhaust)

Apakah manfaat teknologi Dual VVT-i?
Dual VVT-i dapat semakin mengoptimalkan pembakaran yang terjadi di dalam mesin sehingga semakin memaksimalkan efisiensi BBM dan output tenaga pada setiap putaran mesin.

Apa saja mesin (mobil) Toyota Indonesia yang sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i?
2GR-FE 3500cc (Camry 3.5Q)

Transmisi Otomatis Baru dengan Paddleshift
Bersamaan dengan peningkatan di sektor dapur pacu, transmisi otomatis All New Corolla Altis 2.0V juga berbeda dengan yang terdapat pada tipe 1,8V. Perubahan paling utama adalah tersedianya fitur Paddleshift yang memungkinkan pengemudi melakukan pergantian gigi secara manual tanpa melepaskan tangan dari setir. Untuk mengaktifkan Paddleshift, pengemudi hanya perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi S seperti jika ingin memindahkan gigi menggunakan mode sekuensial. Walaupun begitu, dalam situasi darurat dimana pengemudi tiba-tiba perlu melakukan engine braking, pengemudi dapat langsung menurunkan gigi dengan menekan Paddle - (minus) biarpun tuas transmisi masih berada di posisi D. Pada kondisi ini , pengemudi dapat kembali ke mode otomatis dengan menekan Paddle + (plus). Adapun perubahan lainnya pada transmisi mencakup rasio gigi yang telah disesuaikan dengan karakter tenaga mesin 3ZR-FE.

Apakah Perbedaan Paddleshift All New Corolla Altis 2.0V dengan Paddleshift Honda Civic?
Pada All New Corolla Altis 2.0V, pergantian gigi secara manual dapat dilakukan menggunakan Paddleshift di setir atau menggunakan tongkat transmisi. Hal ini memungkinkan pengemudi tetap melakukan pergantian gigi secara manual dengan mudah tanpa terpengaruh arah setir, tidak seperti pada Honda Civic 2.0 dimana pergantian gigi secara manual harus dilakukan menggunakan Paddleshift sehingga pengemudi akan kesulitan pada arah setir tertentu.

Jika perintah perpindahan gigi yang berbeda dikirimkan bersamaan dari Paddleshift dan tongkat transmisi, mana yang akan dipatuhi oleh transmisi?
Jika perintah perpindahan gigi yang berbeda dikirimkan bersamaan dari Paddleshift dan tongkat transmisi, transmisi tidak akan memindahkan gigi.

Setir 3-Spoke Agresif
All new Corolla Altis 2.0V juga dilengkapi dengan setir 3-spoke yang lebih terlihat agresif dibandingkan dengan tampilan setir 4-spoke yang terlihat lebih mewah. Seperti pada tipe 1.8V, setir 2.0V juga di balut dengan kulit berwarna abu-abu. Steering switches untuk audio dan MID tetap di pertahankan dengan sedikit penyesuaian bentuk. Satu-satunya yang tidak berubah sama sekali adalah bentuk dan pengoperasian tuas cruise control.

Sistem Audio-Video Standar Pertama di sebuah Small Sedan
All New Corolla Altis 2.0V menjadi small sedan pertama di Indonesia yang telah dilengkapi sistem audio-video standar. Inilah keunggulan utama All New Corolla Altis 2.0V dibandingkan para pesaingnya seperti Honda Civic 2.0, Ford Focus 2.0 atau Mitsubishi Lancer EX 2.0, AVX unit tersebut meliputi monitor touch-screen 7 inci, bluetooth, kemampuan memainkan DVD, CD, file MP3 dan WMA. Tentunya pengaturan volume dan pemilihan lagu juga dapat dilakukan dari steering switches. AVX unit tersebut juga dilengkapi port AUX (auxiliary Audio Input) untuk menyambungkan MP3 player seperti i-Pod menggunakan jack headphone.

Apakah AVX unit All New Corolla Altis 2.0V sudah dilengkapi dengan Toyota Navigation?
Belum, tetapi jika pelanggan menambahkan Toyota Navigation, pelanggan hanya perlu membeli Navigation Box dari Toyota Genuine Accessories tanpa harus mengganti AVX unit yang sudah ada.

Apakah AVX unit All New Corolla Altis 2.0V dapat digunakan untuk menonton televisi?
Belum, untuk dapat menonton televisi menggunakan AVX unit All New Corolla Altis 2.0V, pelanggan harus menambahkan TV Tuner yang telah banyak dijual di pasaran.

Apakah AVX unit All New Corolla Altis 2.0V dapat dihubungkan dengan kamera belakang?
AVX unit All New Corolla Altis 2.0V sudah siap dihubungkan dengan kamera belakang yang banyak dijual di pasaran.



Related Posts


0 comments: