10 Desember 2009

Setel Kopling Avanza-Xenia

Kopling Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak menggunakan sistem hidraulis. Jadi, masih pakai kabel kopling buat menarik garpu penekan dekrup.

Ada keuntungan menggunakan kabel ini, lo. Jika putus di jalan, mudah untuk menggantinya dan siap ngacir lagi.

Tentu harus menyiapkan serepnya dulu, dong. Coba dibandingkan dengan sistem hidraulis, kalau sudah rusak masternya, siap-siap nunggu mobil derek, tuh!

Akan tetapi, kerugiannya sistem kabel pun ada. Jika sudah lama digunakan, lambat laun kabel ini akan seret karena gesekan dan kotoran yang masuk melewati karet penahan debu. Kabel kopling ini bisa saja diganti atau dilumasi dengan oli. Namun perlu diingat dekrup dan kampas kopling kan ikutan menipis juga, lo. Imbasnya, pijakan pedal kopling bisa berubah.

Ah, usah pusing, soal gampang itu. Mau setel sendiri jarak main pedal koplingnya? Yuk kita lakukan bersama. Pertama, buka kap mesin dulu. Lanjut intip ke bawah di antara pipa dipstick oli dan kolom stir. Tuh, ada mur plastik gede bentuk kembang. Sudah lihat, kan? Nah itu dia mur plastik penyetel pedal kopling (Gbr.1).

Putar ke kanan atau searah jam jam supaya jarak pijakan pedal kopling menjadi tinggi. Atau sebaliknya, putar ke kiri alias berlawanan arah jarum jam untuk membuat pijakan menjadi dalam. Idealnya, jarak pijakan pedal kopling disetel pada posisi 50% dari pijakan paling dalam (Gbr.2).

Sumber : Tabloid Otomotif



Related Posts


3 comments:

Dadan mengatakan...

Jadi supaya plat kopling tidak cepat aus, mana yg bagus om,apakah begitu pedal kopling diangkat ga begitu tinggi mobil udah gerak atau pedal kopling diangkat tinggi baru gerak? Tks

Unknown mengatakan...

mobil sy avanza 2012 pedal kopling nya bunyi kreot 2 kli pas lagi injak kplong gimana cara mengatasinya solusinya dong kawan kawan

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahannya om ,Klo karet di belakang mur setelan kopling itu harusnya nempel paten atau tidak om di besi nya ?