Dua serangkai, Avanza dan Xenia menjadi mobil-mobil paling disukai sepanjang tahun ini. Berbekal merek Toyota, Avanza berhasil menjadi model paling laris sepanjang sebelas bulan pertama tahun ini. Kijang Innova di posisi kedua dan Daihatsu Xenia ditempat ketiga.
Sepanjang November, Toyota-Astra Motor menjual 16.122 unit, atau naik 42,5% dibandingkan bulan sebelumnya. TAM begitu perkasa dengan menguasai 35.2% pangsa pasar otomotif nasional selama November, disusul Mitsubishi (14,8%), Suzuki (13,5%), Daihatsu (10,4%), dan Honda (8,7%).
PENJUALAN TOYOTA MENINGKAT 4.812 UNIT AVANZA & KIJANG INNOVA MOBIL TERLARIS TAHUN INI
Memasuki bulan-bulan akhir tahun 2007, prestasi penjualan Toyota semakin mengukuhkan posisinya sebagai market leader pasar otomotif nasional. November lalu, dengan perolehan angka penjualan sebesar 16.122 unit, atau naik 42,5% dibandingkan bulan sebelumnya, Toyota tetap memimpin pasar. Dengan angka tersebut, berarti di November 2006 Toyota mendominasi 35,2% dari total penjualan nasional yang mencapai 45.827 unit. Sedangkan dilihat dari data penjualan kumulatif, pada periode Januari-November 2007, pasar otomotif nasional mencatatkan angka 395.300 unit.
Di dalamnya, Toyota berhasil mendominasi 34,6% pangsa pasar melalui penjualannya yang mencapai 136.674 unit. “Dibandingkan hasil penjualan di bulan Oktober, November lalu penjualan Toyota mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yaitu 4.812 unit. Segmen 4-x2, terutama Avanza dan Kijang Innova memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan penjualan ini,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM. “Lebih membanggakan lagi, kami optimis kedua mobil tersebut juga menjadi kendaraan terlaris di Indonesia tahun ini. Dilihat dari penjualan Jan-Nov 2007, Avanza mendominasi 14,5% dari total penjualan pasar otomotif nasional, sementara Kijang Innova menguasai 9,2% nya,” tambah Johnny Darmawan.
Dilihat dari data penjualan Jan-Nov 2007, yang bakal menjadi mobil-mobil terlaris tahun ini adalah Avanza (57.280 unit), Kijang Innova (36.315 unit), Daihatsu Xenia (26.378 unit). Selain itu, peningkatan angka penjualan juga ditunjukkan oleh produk-produk Toyota lainnya, di antaranya adalah Vios dan Rush. Penjualan kedua produk yang mendapatkan peringkat pertama survei IQS J.D. Power Asia Pasific 2007 (berikut Yaris) ini meningkat 44% (Vios) dan 74,5% (Rush) dibandingkan bulan sebelumnya.
Bahkan Vios memimpin pasar small sedan bulan November dengan penjualan 511 unit 39,6% m/s. Di kelas medium sedan, Camry mencatatkan penguasaan sebesar 79,3% yang merupakan angka market share tertinggi yang pernah dicapainya. Tahun sebelumnya, Camry menguasai 39,4% pasar medium sedan. “Dan keunggulan produk Toyota tak hanya dibuktikan melalui angka penjualan.
Berbagai penghargaan yang diterima baik dari media maupun lembaga survei independen, seperti Autobild Award 2007 (Vios, Avanza, Camry mobil terbaik di kelasnya) serta peringkat pertama SSI, CSI dan IQS J.D. Power 2007 (Yaris. Rush, dan Vios), juga merupakan cerminan kepuasan pelanggan dan pengakuan yang sangat berarti bagi kami,” tutur Johnny Darmawan. Komposisi 5 besar pada pasar otomotif nasional November lalu adalah Toyota (35,2%), Mitsubishi (14,8%), Suzuki (13,5%), Daihatsu (10,4%), dan Honda (8,7%). Segmen Kendaraan Non-Komersial Pada penjualan nasional kendaraan di segmen non-komersial/kendaraan penumpang, tercatat angka 33.006 unit pada November 2007, meningkat 47% dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 22,442 unit.
Toyota berhasil mendominasi 45,2% segmen ini dengan angka penjualan sebesar 14.931 unit (November 2007), meningkat 43% dari 10,449 unit bulan Oktober 2007.
Pasar Sedan
Penjualan nasional kelas sedan naik menjadi 2.575 unit, dan TAM mendominasi 53% pangsa pasar di dalamnya, dengan penjualan 1.364 unit, meningkat 16,8% dari bulan sebelumnya. Limo terjual 296 unit(22,9%). Penjualan New Vios sendiri menunjukkan peningkatkan yang signifikan dibandingkan dengan penjualan Vios pada periode yang sama tahun sebelumnya. Mei-Nov 2006 (Vios generasi sebelumnya) terjual 1.261 unit sementara pada Mei-Nov 2007 (New Vios) tercatat angka 3.750 unit. Corolla Altis terjual 92 unit (15,6%), dan Camry terjual 459 unit.
Pasar Kendaraan 4x2
Di pasar kendaraan 4x2, Toyota tetap memimpin dengan penguasaan pasar 44,6% dan angka penjualan sebesar 13.492 unit. Penjualan nasional di subsegmen ini adalah 30.220 unit. Di kelas 4x2 Low, Avanza tetap memimpin dengan 5.519 unit atau 50,4% pangsa pasar. Demikian juga Kijang Innova yang tak tergoyahkan menguasai kelas Medium MPV dengan 4.478 unit atau 58,6% pangsa pasar. Di kelas 4x2 Medium Mini, Toyota Yaris terjual 1.118 unit atau 28,7% pangsa pasar 4x2 Medium Mini, sementara di kelas 4x2 High, Fortuner 4x2 mencatatkan angka 704 unit
Pasar Kendaraan 4x4
Pasar nasional di kelas ini naik 58,6% dibanding bulan sebelumnya, menjadi 211 unit. Pada 4x4 Medium, Toyota Fortuner 4x4 menguasai 33,3% pasar dengan angka 66 unit.
Segmen Kendaraan Komersial
Penjualan nasional di segmen kendaraan komersial November lalu adalah 12.821 unit. Di segmen ini, Toyota berhasil menjual 1.191 unit kendaraan dengan penjualan Toyota Dyna sebesar 800 unit (14,7%) pada kelas 2 ton, serta Toyota Hilux sejumlah 391 unit.
0 comments:
Posting Komentar