17 Juni 2008

ALL NEW TOYOTA COROLLA ALTIS 2008

SANG Bintang telah datang. Bratt Pitt menghilang diganti Orlando 'Pirates of The Caribbean' Bloom. Lebih segar. lebih dinamis. Personifikasi inilah yang diambil Toyota bagi model terbarunya, All New Corolla Altis. Merupakan generasi ke-10 Corolla, salah satu produk legendaris Toyota.

Desainnya berubah total. "Versi teranyar ini sudah merupakan produk global. Desainnya sekarang terkesan lebih kokoh dan garang. Inspirasinya dari wajah singa." timpal Achmad Rizal, Manager marketing communication dept. PT. Toyota-Astra Motor (TAM). Sepintas mirip wajah kakaknya, New Camry. Garis-garis membulat di sekujur tubuh pada versi pendahulunya diganti tarikan lengkung dan horisontal.

Perubahan menyolok juga terdapat pada banyaknya fitur keamanan, keselamatan dan kenyamanan berkendara. Meski termasuk segmen mid-sedan namun kelengkapannya nyaris menyamai seperti sedan luks diatasnya. Bahkan juga tubuhnya serasa sedan saloon. Naik sedan 1.800 cc tapi serasa naik sedan 3.000 cc, Selain desain baru dan fitur, New Altis ini juga ditunjang material ramah lingkungan.

Seperti dinyatakan Yasuyuki Kawamoto, selaku chief engineer Toyota Motor Corp, "New Altis kami targetkan sebagai nomor 1 dikelasnya. Ia dirancang sebagai kendaraan penumpang yang terkemuka dengan performa dan kualitas pada level tertinggi, Kami pun concern pada kesehatan pemakainya dan juga ramah lingkungan."

Selain sudah memenuhi standar Euro 3, penggunaan material dengan kadar VOC (Volatile Organic Compounds) jauh lebih rendah dari generasi sebelumnya. Jika umumnya masuk mobil baru tercium bau (plastik) menyengat, nah pada New Altis 1.800 cc bau ini tidak terlalu kentara.

EMPUK & STABIL
Proving ground Bridgestone. Karawang, serta rule Jakarta-Tol Cipularang-Bandung-Puncak-TolJagorawi menjadi pembuktian performa Sang Bintang selama 3-5 Maret silam. Rutenya menyenangkan, kombinasi antara trek lurus dan berliku. Panas menyengat di trek sepanjang kurang lebih 2 km, menjadi tantangan pertama. Mula-mula kami dipandu para pembalap Toyoca Team Indonesia (TTI). Setelah itu per individu dipersilakan mencicipi New Altis ini sebanyak 3 putaran.

Putaran pertama menjajal suspensinya (depan MacPherson Struts dan Torsion Beam di belakang) pada trek bumpy. Pada kecepatan 80-100 kpj tidak ditemui komplain. Empuk dan stabil dengan total 4 penumpang. Soal kedua mengetes akselerasi dan handling-nya. Posisi tuas transmisi wajib di D. Setelah melahap tikungan (kering dan basah) dengan rnudah dilanjutkan akselerasi guna menaklukkan 12 cone. Pemandu kami mewajibkan lari 30-40 kpj, tapi saya nyolong-nyolong sampai 60 kpj. Rintangan 12 cone terlewati dengan mulus. Ketika menjadi penumpang belakang, saya pun tak menemui efek mual atau pusing. Justru fun-fun aja. Handling-nya betul-betul mantap.

Adapun soal terakhir adalah pengetesan ABS. EBD, serta Brake Assist System. Kecepatan awal dimulai dari 80 km/jam hingga turun di 60 km/jam. Ditunjang rem cakram 15 inci di semua rodanya, soal ini pun saya lewati dengan apik. Kami pun diperagakan aksi fitur safety ini dengan menginjak habis pedal rem dan setir dibuang melewati cone. Lolos.

Didukung dapur pacu IZZ-FE VVT-i yang sudah dilengkapi fasilitas Incelligent Drive by Wire dengan ETCS-I (Electronic Throtlle Control System-intelligent) sanggup menghasilkan performa yang optimal. Namun begitu konsep emisi ramah lingkungan tak dilupakan. Selain sudah memenuhi standar Euro 3, penerapan teknologi Electronic Power Steering ikut menunjang hemat BBM dan stabil pada kecepatan tinggi.

Tersedia juga menu pilihan Cruise Control System (pada tipe V) melalui tuas di bawah kemudi. Adapun transmisi otomatisnya menggunakan Gate Type with Sequential Shift. Ini kami jajal sepenuhnya saat trek pulang ke Jakarta via Puncak. Sudah lama sekali tak pernah lewat rute ini lagi. seru, aman. Akselerasinya terhitung mumpuni. have fun go mad.

MEWAH & ENJOY
Dengan segala kenyamanan dan kemewahan interiornya, kami mengajak 'sang bintang' ini menjelajahi sudut kota Bandung. makan siang dan malam ke cafe, spa, bermain golf, bahkan ngeceng di gedung Sate.

Masuk ke kabin disapa oleh disain yang mewah. Mulai dari door trim hingga dasbor panelnya terlihat menyatu dengan tekukan garis lengkung. Kesannya pun lebih lapang meski didukung multi use storages di kabin sebanyak 14 titik. Buat penumpang belakang tengah sudah diberikan head rest khusus. Meski begitu duduk di belakang rasanya masih setengah tegak.

Paling enak ya jadi driver-nya. Pengmudi depan seolah dipeluk aneka instrumen dan fitur. Antara lain dimanjakan dengan Smart Entry. Smart Start, serta power driver seat adjuster. Belum lagi tombol pengontrol audio di kolom setir. Alunan lagu-lagu jazz dari head unit 6 CD indash. 6 speaker, makin membuat nikmat perjalanan.

Permainan fitur-fitur lampu menjadi pemandangan tersendiri. Desain indikator odometer sangat jelas. Ketika jalan disapu hujan deras, rain sensor menjalankan aksinya. Begitu pula dengan stelan lampu depan. Bahkan clearance sonar dan back sonar, sangat membantu 'mendeteksi' benda-benda asing di sekitar mobil. Sungguh memanjakan. New Altis ini sangat mudah dikendarai dan enjoy dibawa kemana pun. It is very good. Buat ke kantor ok. buat gaul mantap. buat keluarga juga menyenangkan.

Jadikan hari-hari kamu penuh kesegaran bersamanya.

TUNING GUIDE
Buat yang ingin punya nilai saat mengendarai New Altis, telah disiapkan paket aksesori tambahan untuk headlamp, gril depan, muffler cutter serta fog lamp (tipe V). Namun jika sudah puas dengan tampilan standarnya, bisa cukup dengan ganti velg saja. Namun perlu diingat agar model atau desain velg tidak berseberangan dengan karakter dinamisnya.

Eksterior All New Corolla Altis telah mengakomodir filosofi Vibrant Clarity dengan sentuhan swipe cut. Dimensi lebih lebih lebar, lebih panjang serta lebih rendah. Garis-garis lengkungnya lebih kentara jika dilihat dari depan dan samping.

LEGENDA COROLLA
Di Indonesia, Corolla dikenalkan pertama kali pada 1972 (generasi ke-2). Menyusul generasi ke-3 (1975), ke-4 (Corolla DX) pada 1980. Disusul genrasi ke-7) pada 1992. Selanjutnya pada tahun 1996 generasi ke-8 dilajutkan Altis (generasi ke-9) pada 2001. Jumlah penjualan Corolla hingga 2007 mencapai lebih dari 130.900 unit.

Masih mempertahankan nama Altis, generasi ke-10 diharapkan dapat memperkuat dominasi Toyota di segmen mid-sedan. Dengan angka penjualan kumulatif 2001-2007 sebesar 16.232 unit atau lebih dari 46% market share-nya, Altis terhitung sebagai market leader dikelasnya. Targetnya bisa terjual 300 unit sebulan dengan rival terdekat dan terberat New Civic.

Tersedia 3 varian, 1.8 JM/T Rp 273.300.000, G A/T Rp 295.000.000 dan tipe paling luks V A/T Rp 309.500.000 (on the road).


Keterangan Gambar : Iklan Orlando Bloom di Taipei 101 salah satu bangunan tertinggi di dunia.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: