Toyota F1 Racing meluncurkan mobil balap F1 terbarunya pada hari kamis 15 Januari 2009 di markas besar tim F1 Toyota di Cologne, Jerman. Selain itu Panasonic Toyota Racing juga meresmikan pembukaan website www.tf109-premiere.com yang akan menyapa penggemar Toyota F1 di seluruh penjuru dunia.
Mobil F1 terbaru Toyota ini dibangun dengan standar desain dan teknis terbaru regulasi FIA, Toyota berharap TF109 akan membawa tim pabrikan Jepang ini menjuarai musim balap F1 2009 dan mengharumkan nama Toyota di ajang balapan nomor satu dunia ini.
Toyota juga menyatakan bahwa TF109 memiliki downforce yang lebih baik, sehingga gerakan menyalip akan lebih mudah. Perubahan mendasar pada TF109 terdapat di sayap depan yang lebih lebar dan rendah. Sementara sayap belakang kini lebih pendek dan kecil. TF109 untuk pertama kali sejak 12 tahun terakhir akan menggunakan ban slick Bridgestone Potenza. Sedangkan dapur pacu masih menggunakan mesin yang sama yang digunakan sejak tiga balapan terakhir musim 2008, yaitu berkapasitas 2.5-liter V8.Tema yang di ambil kali ini adalah "The Contender", yang sesuai dengan semangat Toyota kali ini untuk menjadi lawan yang kuat, yang siap mengambil title juara selanjutnya dari lawan-lawannya. “Setelah delapan tahun di Formula 1 kami mendapat banyak pelajaran dan bisa melakukan berbagai peningkatan. Kami lapar untuk menjadi juara dan siap menjadi juara, dan tak ada pilihan lain dari itu, Regulasi baru memiliki tantangan tambahan, dan di saat bersamaan memberi keuntungan. Kami memiliki segalanya untuk menang, termasuk orang-orang bertalenta di dalam tim dan motivasi yang besar untuk meraih sukses” kata presiden tim Panasonic Toyota Racing John Howitt.
Meskipun memiliki mobil F1 baru, Toyota tetap mempertahankan para pembalapnya, yaitu Jarno Trulli, Timo Glock dan pembalap ketiga Kamui Kobayashi.
“Saya telah memiliki waktu panjang di Formula 1 bersama tim Toyota, dan saya telah merasakan kemajuan pesat dengan apa yang kami buat sekarang,” kata Trulli. “Ini merupakan pengalaman panjang dan kami telah mengalami naik turun. Tapi kami tak pernah patah semangat atau mengendurkan pertarungan,” lanjut pembalap yang sejak 2004 telah bergaung bersama Toyota ini.
Toyota memulai pembangunan TF109 pada Oktober 2007 setalah keluarnya regulasi baru FIA. Peraturan baru ini dinilai Toyota dapat membantu mengurangi biaya balap F1.
Spesifikasi TF109
MESIN
Konfigurasi: V8
Kapasitas: 2.398cc
Putaran mesin maksimum: 18.000rpm (FIA limit)
Tenaga maksimum: sekitar 740 hp
Garak katup: Pneumatic
Gerkak throttle: Hydraulic
Transmisi: 7-speed, plus reverse
DIMENSI
Panjang: 4.636 mm
Tinggi: 950 mm
Lebar: 1.800 mm
Bobot: 605 kg (termasuk pengemudi dan kamera)
CHASSIS DAN RODA
Monocoque: Serat karbon
Suspensi: Double wishbones serat karbon dengan trackrod dan pushrod serat karbon
Dampers: Penske
Velg: BBS forged magnesium
Ban: Bridgestone Potenza
Rem: Toyota/Brembo
©Rini
16 Januari 2009
Toyota TF109 The Contender
Labels: Toyota F1
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar