31 Maret 2009

Fakta-fakta New Prius

Banyak media menempatkan persaingan antara Toyota Prius dan Honda Insight dalam level yang sama. Dan digambarkan penjualan Insight melesat karena harganya lebih murah dari Prius. Sebetulnya tidak fair menilai seperti itu. Meskipun keduanya hybrid, tapi keduanya berbeda. Seperti membandingkan Toyota Corolla dengan Toyota Vios.

Toyota Prius adalah mobil hybrid pertama di dunia dan dalam sepuluh tahun terakhir terjual lebih dari 1,2 juta unit di seluruh dunia. Yang luarbiasa, 500.000 unit diantaranya terjual dalam 3 tahun belakangan ini. Teknologi hybrid yang dipakai Prius juga dipakai di beberapa merek lain.

Ketika harga minyak meroket, pembeli Prius harus mengantri. Pabrik Prius di Jepang harus bekerja dengan skala penuh untuk memenuhi permintaan. Begitu tingginya minat konsumen, di USA harga Prius bekas yang ready stock, bisa lebih mahal dari yang baru.

Interior Toyota PriusTornado ekonomi memporak-porandakan kehidupan orang-orang Amerika Serikat. Dan ini berimbas ke industri otomotif di sana, termasuk Toyota. Semua model Toyota mengalami penurunan penjualan, termasuk Prius. Di masa sulit seperti ini, Prius generasi ketiga diluncurkan.

Toyota adalah pemain utama di segmen mobil hybrid dan seperti pepatah, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menerjang, tekanan dari merek-merek lain juga meningkat. Demikian pula yang terjadi pada Prius.

Dijadwalkan Prius terbaru ini mulai dipasarkan Mei mendatang, dan saat itu konsumen bisa menilai langsung. Sebelum saat itu tiba, mungkin perlu untuk melihat fakta-fakta tentang Prius terbaru ini:

1. Prius generasi ketiga ini sudah menuntaskan rangkain tes efisiensi bahan bakar Pemerintah USA. Konsumsi rata-rata bahan bakar saat dikendarai di perkotaan adalah 51 mpg (21,68 km/liter), 48 mpg (20,41km/liter) di tol dan kombinasi 50 mpg (21,26km/liter). Angka ini lebih baik dari rivalnya yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil.
2. Emisi gas buangnya lebih bersih. Pemerintah negara bagian California, yang memiliki regulasi tentang emisi paling ketat disana, menempatkan Prius terbaru di kelompok ‘Super Ultra Low Emissions Vehicle’.
3. Generasi ketiga ini lebih besar dari pendahulunya dengan mesin lebih besar. Ini tidak bisa ditandingi rivalnya. Penyempurnaan pada garis atapnya membuat ruang kepala penumpang lebih lega.
4. Dilengkapi dengan beragam sistem perlindungan saat kecelakaan yang lebih baik dari pendahulunya.
5. Menggunakan mesin lebih besar, kini 1,8 liter yang memproduksi 98 hp dan total tenaga sistem hybrid lebih besar karena motor listrik yang lebih kuat.
6. Tidak ada lagi belt yang menggerakkan kompresor AC dan water pump. Semuanya sudah digerakkan listrik, sehingga kerja mesin menjadi lebih efisien. Agar kerja AC lebih ringan, Toyota melakukan inovasi menarik yang pertama di dunia. Atap Prius dilengkapi sel surya untuk memberi tenaga pada sistem sirkulasi udara interior. Jadi jika diparkir di tempat panas, suhu udara interior yang terperangkap tidak akan meningkat seperti mobil konvensional, karena udara itu disirkulasi keluar. Jadi suhu interior tetap rendah, dan saat AC dihidupkan, tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan udara.
7. Memiliki tiga mode, yaitu electric mode yaitu bergerak semata-mata mengandalkan energi listrik yang tersimpan di battery. Mobil bisa bergerak maksimum 24 mph. Daya jelajahnya 20 - 30 mil sebelum harus diisi ulang. Economy mode, untuk menghasilkan efisiensi terbaik. Power mode untuk mendapatkan keasyikan berkendara tanpa kehilangan efisiensi. Pada mode ini akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 9,8 detik.

Sumber : Toyota Indonesia



Related Posts


0 comments: